Rabu 11 Sep 2013 20:43 WIB

Raikkonen Balik ke Ferrari Jadi Partner Alonso

Kimi Raikkonen
Foto: AP PHOTO
Kimi Raikkonen

REPUBLIKA.CO.ID, PARIS-- Pebalap Formula Satu asal Finlandia Kimi Raikkonen kembali bergabung ke tim Ferrari dengan kontrak selama dua tahun untuk musim 2014, demikian diumumkan tim pada Rabu (11/9). Raikkonen (33), juara dunia 2007, akan bermitra dengan pebalap Spanyol Fernando Alonso, sosok yang menggantikan dirinya di tim Italia itu pada 2009.

"Selamat datang kembali, Kimi!" bunyi judul tulisan di situs resmi tim. "Scuderia Ferrari mengumumkan bahwa telah tercapai kesepakatan dengan Kimi Raikkonen. Pebalap Finlandia ini akan bergabung dengan Fernando Alonso di jajaran pebalap untuk dua musim balap mendatang," demikian lanjutan pernyataan itu.

Ia akan mengambil alih posisi itu dari pebalap Brazi,  Felipe Massa untuk membentuk duo pebalap sarat pengalaman. Jika ditotal Raikkonen dan Alonso telah memenangi lebih dari 50 Grand Prix - 32 kemenangan untuk Alonso dan 20 kemenangan untuk Raikkonen - dan tiga gelar juara dunia di antara mereka.

Kesuksesan Raikkonen pada 2007 merupakan terakhir kalinya Ferrari memenangi gelar dunia, setelah itu dua pebalap asal Inggris Raya Jenson Button, di Brawn, dan Lewis Hamilton, di McLaren, menjadi juara sebelum Sebastian Vettel dari Red Bull mengawali dominasinya selama tiga tahun.

Raikkonen meninggalkan Formula Satu pada 2009, pindah ke Kejuaraan Reli Dunia. Posisinya di tim Italia itu digantikan oleh Alonso.

Pebalap berjuluk "The Flying Finn" ini memenangi sembilan Grand Prix dengan Ferrari, setelah memenangi lima Grand Prix saat lima tahun membela McLaren, di mana ia dua kali mengakhiri musim sebagai runner up. Pada 2003 ia kalah dari Michael Schumacher dan kemudian pada 2005 dari Alonso.

Setelah sempat berkiprah di NASCAR ia kembali ke Formula Satu pada 2012 dengan Lotus, di mana ia memenangi dua Grand Prix.

Sementara Massa yang hengkang mengatakan dirinya ingin bertahan di Formula 1, namun masih belum menemukan tim untuk dibela pada 2014.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement