Rabu 10 Jan 2018 22:14 WIB

Jelang Musim 2018, McLaren Bersolek

Rep: Taufiq Alamsyah Nanda/ Red: Ratna Puspita
Mobil McLaren musim lalu.
Foto: EPA-EFE/VALDRIN XHEMAJ
Mobil McLaren musim lalu.

REPUBLIKA.CO.ID, SURREY — Direktur Eksekutif McLaren Zak Brown mengatakan penampilan timnya akan mengalami perubahan terbesar dibandingkan semua tim di ajang Formula 1 2018. Sejak bergabung dengan tim sebagai direktur eksekutif, Brown banyak bereksperimen dengan hal-hal baru. 

Mulai tahun ini, pasokan mesin McLaren pun beralih dari Honda ke Renault. Perubahan tersebut membawa ekspektasi besar bagi para fans untuk tim pujaan mereka.

Brown mengakui semua tim yang berlaga di Formula 1 akan melakukan perubahan pada musim baru. Namun, dia menegaskan McLaren memiliki perubahan terbesar yang akan menjadi tantangan terbesar tim-tim lain. Pada seri balapan perdana di Australia,  25 Maret mendatang, penggemar akan menyaksikan perubahan tersebut.

"Mobil kami tidak akan terlihat sama seperti tahun lalu. Seluruh merek kami, visibilitas McLaren, akan melaju ke tingkat berikutnya dan ini akan menggairahkan,” kata Brown seperti dilansir dari Motorsport, Rabu (10/1).

McLaren meluncurkan warna baru pada musim lalu, yakni hitam, oranye, dan putih, sebagai bagian dari penyempurnaan citranya menyusul kepergian direktu rlama, Ron Dennis. Pada musim mendatang, Brown menyatakan nuansa oranye yang identik dengan McLaren belum tentu bertahan. Sebab, semua tergantung pada sponsor yang akan bergabung dengan tim asal Inggris tersebut. 

Dia pun mengisyaratkan McLaren akan melakukan sesuatu yang berani pada 2018 terkait perubahan warna mobil. "Kami menyebutnya era baru, kami kembali dan kami akanmemiliki beberapa hal hebat seperti garasi baru. Salah satu hal yang belumdilakukan McLaren dalam beberapa tahun terakhir adalah menjadi pemimpin,” kata Brown.

Menurut Brown dengan nuansa saat ini, McLaren terlihat seperti tim lain dan tidak ada perbedaan mencolok. Karena itu, McLaren akan melakukan perubahan yang membuat tim tersebut menarik perhatian. 

"Itulah yang selalu dilakukan McLaren, saya kira dengan minimnya daya saing, kami memiliki semacam kesamaan dengan yang lain. Kami harus kembali menjadi tim yang membuat lain iri. Saya merasa kami sedang menuju ke sana,” kata dia. 

Ketika Brown bergabung dengan tim, dia menekankan hal yang penting bagi McLaren adalah menerima sponsor baru setelah Vodafone hengkang pada akhir 2013. McLaren belum memastikan sponsor baru tersebut, tetapi Brown ingin mendapatkan mitra utama yang memberikan lebih banyak eksposur dan melindungi merek McLaren. 

"Kami membutuhkan mitra utama, yang telah saya lakukan adalah melihat semua aset komersial kami, yang bukan hanya mobil balap melainkan bentuk lain dari balapan kami. Kami juga melihat bagaimana cara terbaik untuk mengkomersilkan brand McLaren,” kata dia. 

Dia menambahkan McLaren telah menandatangani kerja sama dengan tiga mitra dan akan mengumumumkannya. “Kami tidak akan (menghabiskan slot sponsor) pada tahun depan 2018, butuhwaktu, tapi saya sangat senang dengan arah tim.”

 

 

 

 

 

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement