Sunday, 18 Rabiul Akhir 1441 / 15 December 2019

Sunday, 18 Rabiul Akhir 1441 / 15 December 2019

Marussia Percayakan Perempuan Test Drive MR-01

Kamis 08 Mar 2012 10:16 WIB

Red: Taufik Rachman

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Maria de Villota dari Spanyol terpilih sebagai "test driver" untuk Tim F1 Marussia, Rabu, dan menjadi wanita pebalap pertama yang menjalani tugas itu dalam jenis perlombaan itu.

Puteri mantan pebalap F1 Emilio De Villota, yang mengawali debut dalam dua lomba pada 1977 dengan tidak mendapatkan satu pun poin, sudah berlomba dalam berbagai jenis lomba otomotif dan pernah mencoba kendaraan F1 Renault di Le Castellet di kawasan selatan Prancis Agustus lalu.

Kendaraan baru Marussia, MR01 dengan lisensi Rusia, baru menjalani test amat singkat menjelang pembuka lomba musim ini di Australia minggu depan, karena baru mendapatkan ijin lomba setelah lulus uji benturan kendaraan.

Tim itu mengatakan, De Villota memiliki harapan untuk membalap tahun depan. Test berikutnya bagi wanita pebalap itu akan diadakan di Mugelo di Italia Agustus mendatang, tetapi pebalap itu berharap ia dapat melakukannya lagi setelah balapan Abu Dhabi, pada akhir musim lomba tahun ini.

"Ini merupakan kesempatan fantastik dapat bekerja dekat dengan tim Formula Satu, sehingga saya akan mendapatkan pengalaman besar dan ini akan membantu meningkatkan karir saya," kata pebalap berusia 32 tahun itu.

"Saya akan bergabung dengan tim itu, jadi saya akan selalu dekat dengan  mereka termasuk pada balapan pertama musim ini. Saya berharap ini akan dapat meningkatkan ambisi saya pada masa mendatang," katanya.

Pebalap regular Marussia adalah pebalap berpengalaman dari Jerman Timo Glock dan pebalap "rookie" dari Prancis Charles Pic, yang masih membutuhkan banyak pengalaman di lintasan balap. Formula Satu pernah memiliki satu wanita pebalap pada masa lalu, tapi tidak pernah mendapatkan poin, sejak balapan itu dimulai pada 1950.


Wanita pebalap paling berhasil adalah Lella Lombardi dari Italia, yang menempati urutan keenam pada GP Spanyol 1975, tapi hanya mendapatkan setengah poin, karena balapan itu dihentikan setengah jalan setelah 29 putaran, karena terjadi kecelakaan yang menewaskan lima penonton.

sumber : antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA