Jumat 10 Aug 2012 15:26 WIB

Jones Sumbang Emas Taekwondo Pertama untuk Inggris

Taekwondoin Jade Jones menyumbang medali emas pertama Olimpiade dari cabang taekwondo.
Foto: Guardian
Taekwondoin Jade Jones menyumbang medali emas pertama Olimpiade dari cabang taekwondo.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Inggris Raya akhirnya meraih medali emas pertama Olimpiade dari cabang taekwondo, usai taekwondoin Jade Jones memukul atlet Cina, Hou Yuzhuo di partai final kelas bulu puteri, Kamis (9/8). Kemenangan atas Hou membawa Jones menyumbang medali emas ke-25 untuk tuan rumah pada Olimpiade London 2012.

Usai memastikan meraih medali emas, taekwondoin 19 tahun dari kawasan utara Wales itu membawa bendera Inggris dan Wales yang diambil dari penonton. Ia berlari pelan di seputar arena pertandingan yang disaksikan delapan ribu penonton di ExCel Arena.

Jones, yang meraih medali emas pada kejuaraan '2012 Youth Olympics' di Singapura. Keberhasilannya di Singapura diraih setelah warga kampungnya di Flint mendukung biaya perjalanannya ke babak kualifikasi.

Dikatakannya, keberhasilan meraih medali emas Olimpiade London merupakan sesuatu yang spesial. "Rasanya luar biasa. Ini menakjubkan dan penonton luar biasa," katanya, "Menjadi atlet pertama Inggris memenangi medali emas Olimpiade (taekwondo) rasanya menakjubkan."

Jones juga mengucapkan terima kasih kepada rekan setimnya Sarah Stevenson, yang akan bertanding di kelas bulu, Jumat, serta kepada pelatihnya Paul Green. "Pelatih itu legendaris. Tanpa dia, saya tidak akan berada di tempat saya berada saat ini," katanya.

Green memuji Jones yang sudah bekerja keras. Ia mengatakan masih ada lagi yang perlu dilakukannya. "Latihan yang dilakukan para atlet dalam enam bulan terakhir luar biasa. Ia bangun pagi, menangis setiap hari, tetapi ia bekerja keras luar biasa dan ia seorang petarung," katanya.

"Ia masih harus lebih memperbaiki penampilannya. Ia memiliki masa depan cerah. Ia dapat bekerja di bawah tekanan dan bisa mengatasinya," katanya.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement