Thursday, 15 Zulqaidah 1440 / 18 July 2019

Thursday, 15 Zulqaidah 1440 / 18 July 2019

Asisten Pelatih Spurs Diangkat Jadi Pelatih Hawks

Rabu 29 May 2013 08:15 WIB

Red: Didi Purwadi

Mike Budenholzer

Mike Budenholzer

Foto: AP

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Mike Budenholzer mendapat ganjaran atas pengabdian panjangnya di salah satu klub tersukses NBA ketika ia ditunjuk menjadi pelatih kepala oleh Atlanta Hawks pada Selasa (Rabu WIB).

Budenholzer (43) menghabiskan 17 tahun bersama San Antonio Spurs sebagai asisten pelatih. Dalam enam tahun terakhir menjadi asisten pelatih Gregg Popovich, Budenholzer sukses membantu membawa Spurs meraih empat gelar juara NBA.

"Ia merupakan sosok yang sangat cerdas dan begitu memperhatikan liga. Itulah yang diperlukan agar dapat sukses," kata manajer umum Atlanta, Danny Ferry, dalam pernyataannya.

"Pengalamannya dan empat (gelar) kejuaraan sepanjang 17 tahun memberikan dasar yang sangat bagus terhadap kepemimpinannya untuk tim kami," katanya.

Budenholzer mengambil alih tim Hawks dari pelatih Larry Drew yang kontraknya berakhir. Drew membawa Atlanta memiliki rekor 44-38 di musim reguler dan tersingkir di pertama playoff dari Indiana Pacers.

Sebagai asisten pelatih, ia membantu Spurs mencatatkan rekor terbaik sepanjang musim reguler liga yakni 908-438 dan gelar-gelar NBA pada 1999, 2003, 2005, dan 2007.

Pada sejumlah kesempatan, ia menjadi pelatih kepala Spurs di liga musim panas dan juga membantu menjadi pengamat untuk tim Amerika Serikat di Olimpiade 2004.

"Saya sangat beruntung dapat menjadi bagian dari organisasi San Antonio Spurs," kata Budenholzer. "Saya tahu ini akan menjadi situasi yang sangat luar biasa bagi saya untuk pergi dan datang ke Atlanta sebagai pelatih kepala. Ini begitu sempurna bagi saya."

Budenholzer masih akan terus berperan sebagai asisten Spurs sampai final NBA 2013 berakhir. Juara Wilayah Barat, Spurs, akan bertemu juara Wilayah Timur yang masih diperebutkan juara bertahan Miami Heat dan Indiana.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA