Senin 06 Nov 2017 01:12 WIB

Hasil Tes Medis 13 Pemain Asing IBL Baik

Rep: Fitriyanto/ Red: Teguh Firmansyah
Kevin Bridgwaters, pemain asing SM Pertamina saat tampil di show case game IBL, Jumat (3/11) di STC Senayan Jakarta.
Foto: Fitriyanto/Republika
Kevin Bridgwaters, pemain asing SM Pertamina saat tampil di show case game IBL, Jumat (3/11) di STC Senayan Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Hasil Tes Medis terhadap 13 pemain asing yang akan tampil pada ajang Indonesian Basketball League (IBL) Petralite 2017/2018 dinyatakan baik. Tahun ini IBL memfasilitasi tes medis pemain asing, pemeriksaan kesehatan ini dilakukan pada Kamis (2/11) lalu di Royal Progress Hospital Jakarta Utara.

Direktur IBL, Hasan Gozali kepada Republika.co.id, Ahad (5/11) menyatakan, seluruh pemain asing IBL yang telah melakukan Tes Medis tidak ada masalah yang berarti. "Semua dinyatakan baik, tidak ada masalah dan dinyatakan layak untuk tampil di IBL 2017/2018," ujarnya.

Adanya aturan pembatasan tinggi badan maksimal 188 sentimeter bagi pemain asing posisi small man, ternyata tidak ditemukan ada pemain yang melewati batas tersebut. Semua tim juga saling cross check tinggi badan pemain lainnya. "Ini suatu bentuk transparansi yang kita lakukan agar semuamengetahuinya secara terbuka," terang Hasan.

Sedangkan kemungkinan pemain pernah cedera atau memiliki potensi,  menurut Hasan berdasarkan pemeriksaan kesehatan tidak ada satupun pemain asing tersebut pernah mengalami persoalan itu secara serius. "Hasil ini membuat kita lega, dan pemain asing sudah bisa bergabung dengan timnya. Mereka akanmemperkuat Perbasi Cup 2017."

Adanya pemeriksaan kesehatan yang difasilitasi oleh IBL mendapat sambutan positif dari perwakilan klub. Manajer Stapac Jakarta, Gagan Rahmat menilai apa yang telah dilakukan oleh IBL positif. "Tidak seperti tahun lalu, kita diserahkan pemain begitu saja, sehingga klub tidak tahukondisi kesehatan pemain."

Selain itu yang tidak kalah penting adalah pengukuran tinggi badan yang dilakukan secara bersama-sama. "Sehingga kita tahu semua hasilnya, ini bentuk keterbukaan. Tidak ada peluang bagi klib untuk berbuatcurang, karena semua sudah terbuka."

Pemain asing yang telah melakukan Tes Medis adalah, Jantoveous Maurkey Sulton (Satya Wacana Salatiga), Madarious Jaquil Gibbs (Satya Wacana Salatiga), Emilio Dacre Parks (Bima Perkasa Jogja), AnthonyJacquette Mc Donald (Bima Perkasa Jogja), Keenan Thomas Palmore (HangtuahSumsel), Brachon Lanalt Griffin (NSH Jakarta).

Devin Lavon Matthews (Bank BJB Garuda Bandung), David Vincent Seagers (Pacific Caesar Surabaya), Dominique Nelson Williams (StapacJakarta), Nathaniel Earl Barfield (Stapac Jakarta), Chester Jarell Giles(Pelita Jaya Jakarta), Wayne Lyndon Bradford (Pelita Jaya Jakarta) dan KevinKardell Bridgewaters (Satria Muda Pertamina Jakarta).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement