Sabtu 18 Feb 2017 16:46 WIB

Atasi Satya Wacana, JNE Siliwangi Petik Kemenangan Kedua

JNE Siliwangi Bandung (putih) mengalahkan Satya Wacana Salatiga 65-62 dalam laga Seri IV IBL Pertalite 2017 di Jakarta, Sabtu (18/2).
Foto: IBL
JNE Siliwangi Bandung (putih) mengalahkan Satya Wacana Salatiga 65-62 dalam laga Seri IV IBL Pertalite 2017 di Jakarta, Sabtu (18/2).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- JNE SIliwangi Bandung melanjutkan momentum kemenangan pada IBL Pertalite 2017 di tangan pelatih baru Raoul 'Ebos' Miguel Hadinoto. Setelah mendapatkan kemenangan perdana pada Seri III Semarang, Siliwangi meraih poin penuh kedua pada Seri IV Jakarta.

Siliwangi menaklukkan Satya Wacana Salatiga 65-62 dalam duel menegangkan di Britama Arena, Mahaka Square, Kelapa Gading, Jakarta, Sabtu (18/2). Hasil ini membuat Satya Wacana belum juga meraih kemenangan musim ini dari tujuh pertandingan.

Vinton Nolland Surawi menjadi pemain kunci kemenangan Siliwangi. Dalam posisi tertinggal, mantan pemain Satria Muda Pertamina itu dimasukkan Ebos dan mampu menghadirkan poin krusial untuk kemenangan timnya.

Siliwangi unggul 14-10 pada kuarter pertama dan tetap memimpin tipis 28-26 saat halftime. Tapi keadaan berubah pada perempat ketiga. Lewat tembakan-tembakan Andre Adriano, Satya Wacana berhasil memasukkan 27 angka untuk untuk balik memimpin 53-44.

Dalam posisi tertinggal ini Ebos memercayakan Vinton beraksi. Vinton membalasnya dengan baik. Ia mencetak dua kali tembakan tiga angka saat timnya mengejar ketertinggalan dua digit pada kuarter akhir.

Selisih keunggulan Satya Wacana terus menipis karena Siliwangi berkali-kali menambah angka. Sebaliknya, pertahanan rapat Siliwangi di bawah ring sulit ditembuh Satya Wacana.

Dalam kedudukan 62-60 untuk keunggulan Satya Wacana dan waktu tersisa di bawah satu menit, Vinton membuat tusukan di bawah ring. Tembakannya memang gagal, tapi rekannya Chris Brand sigap meneruskan bola untuk menyamakan kedudukan menjadi 62-62.

Upaya Vinton saat bertahan kemudian memaksa Satya Wacana membuat turn over, dan dengan 24 detik tersisa, sang bigman mencetak angka untuk membuat Siliwangi unggul 64-62.

Pelatih Satya Wacana Efri Meldi meminta time out untuk merancang serangan, namun gagal dieksekusi pemainnya. Justru Siliwangi berhasil menambah satu angka lagi lewat Brand melalui garis free throw hingga laga berakhir.

Brand mengemas 24 poin, tertinggi di Siliwangi. Ferdinand Damanik mengemas 10 poin, dan Vinton mencetak delapan angka.

Dari Satya Wacana, shooter Andre Adriano menyumbang 20 angka, disusul dua pemain asing Nate Maxey dan Jarron Crump yang masing-masing mencetak 11 dan 10 poin.

"Dalam situasi ini pelatih memberi kepercayaan, jadi lakukan yang terbaik saja. Kebetulan saya dan Andre Tiara yang punya paling banyak pengalaman di tim ini, dan kami membagikan kepada rekan-rekan yang lebih muda. Kami memang harus menang karena sudah kalah terus," kata Vinton.

Brand menambahkan timnya bertarung keras untuk memetik kemenangan demi tiket play-off. Ia mengaku tidak terkena keram saat ditandu keluar pada kuarter ketiga. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement