Selasa 17 Jan 2017 00:31 WIB

'Kondisi Pemain Asing SM Pertamina Bagus'

General Manager SM Pertamina Riska Natalia Dewi
Foto: istimewa
General Manager SM Pertamina Riska Natalia Dewi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dua pemain asing Satria Muda (SM) Pertamina, Carlos Charles Smith dan Tyreek Jewell telah menjalani tes medis menjelang bergulirnya kompetisi Indonesian Basketball League (IBL) 2017. Tes tersebut dilaksanakan di Indonesia Sports Medicine Centre (ISMC), Kompleks Gelora Bung Karno Jakarta, Senin (16/1).

"Kondisi keduanya bagus," kata Managing Director PT Indonesia Sport Venture, perusahaan yang menaungi Satria Muda Pertamina, Riska Natalia Dewi.

Ia mengatakan, cek kesehatan yang dilakukan terhadap dua pemain asingnya tersebut merupakan prosedur standar tim. Ini untuk mengetahui riwayat kesehatan pemain. Tak hanya pemain asing, melainkan juga penggawa lokal.

Ia mengakui tes medis setelah penandatanganan kontrak memang riskan. Tapi dengan mepetnya liga, kata dia, setiap tim menerima keputusan operator liga meskipun ada beberapa yang mempertanyakan andai pemain yang mereka dapat ternyata tengah cedera atau berisiko cedera.

"Jika hal yang tak inginkan tersebut terjadi sehingga para pemin tersebut tak memungkinkan untuk bermain di Liga maka kita akan bicarakan ke Liga guna meminta ganti atau mencari win-win solution-nya. Karena data serta daftar pemain tersebut kita ambil dari Liga," kata Baby, panggilan akrab Riska.

Wanita yang juga General Manager SM Pertamina ini mengakui, idealnya dalam pemilihan pemain digelar tes sebelum tanda tangan kontrak. Namun jika pemain itu mengalami cedera atau tidak fit dalam kesehatannya maka klub bisa meminta penggantian, sesuai perjanjian bersama dengan operator liga.

Dokter Andi Kurniawan Sp.KO, penanggungjawab medis ISMC, mengungkapkan kedua pemain dalam kondisi prima. Keduanya, kata Andi, tak memiliki risiko cedera.

"Semua gerakan dapat mereka lakukan dengan cukup baik, namun yang masih menjadi pekerjaan rumah adalah melemaskan otot-otot yang kaku saja dan itu bisa ditangani dengan segera. Seperti memperbanyak stretching (peregangan otot) dan massage untuk memperbaiki kekakuan ototnya," ungkapnya.

Ia memberikan saran kepada ofisial SM Pertamina untuk memperbanyak peregangan otot kepada kedua pemain asing ini. "Kalau perlu diulang sehari 2-3 kali sebelum latihan," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement