Selasa 24 Nov 2015 18:57 WIB

Satria Muda Raih Kemenangan Perdana pada Turnamen IBL

Pemain SM Avan Seputra berusaha melakukan lay up.
Foto: IBL
Pemain SM Avan Seputra berusaha melakukan lay up.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG– Satria Muda (SM) Britama Jakarta meraih kemenangan pertama dalam Turnamen Indonesia Basketball League (IBL) secara meyakinkan. SM berhasil menaklukkan lawannya Pacific Caesar Surabaya 74-39 pada pertandingan pertama Pool A di lapangan C-Tra Arena Bandung, Selasa (24/11).

Meski tidak diperkuat sejumlah pemain pilarnya yakni Rony Gunawan, Arki Wisnu dan Vinton Nolland Surawi, SM tetap perkasa. Akan tetapi tim asuhan Cokorda Raka Satrya Wibawa sempat mendapatkan perlawanan pada kuarter pertama.

Pacific di luar dugaan berhasil mengfakhiri perempat pertama dengan keunggulan 17-11. Ini berkat aksi Dian 'Odong' Heriadi yang menyumbang enam poin.

Di awal kuarter kedua, Pacific sebenarnya sempat mengebrak lewat Muhammad Indra yang melakukan dunk lewat satu serangan fast break. Tapi, sejak itu, SM kemudian mengambil alih.

Defense ketat yang diperagakan membuat para pemain Pacific seperti kehilangan cara mencetak angka. Sebaliknya permainan taktis SM membuat juara kompetisi basket yang musim lalu bernama NBL Indonesia berbalik memimpin 36-23.

Dua kuarter akhir menjadi peragaan konsistensi SM. Meski coach Wiwin, sapaan Cokorda, melakukan rotasi, SM tetap sulit diimbangi oleh Pacific.

Vamiga Michel dan Gunawan menjadi bintang kemenangan timnya, setelah keduanya masing-masing menciptakan 13 poin.

“Banyak kesalahan dan kurangnya konsentrasi di kuarter pertama sehingga kami sempat tertinggal. Namun pada kuarter kedua kami membenahi pertahanan dan mengubah pola permainan. Hasilnya SM mampu membalikkan keadaan," kata Wiwin.

Dalam pertandingan ini SM menurunkan dua rookienya yakni Hans Abraham (shooting guard) dan Audy Bagastyo Arizanugra (point guard).

Pada pertandingan berikutnya, Pacific Caesar Surabaya akan berhadapan melawan Aspac Jakarta pada Rabu (25/11). Satria Muda Britama akan bertemu tuan rumah Garuda Bandung di pertandingan selanjutnya pada Kamis (26/11)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement