Ahad 14 Jan 2018 12:57 WIB

Jokowi Puji Hasil Renovasi Stadion Utama GBK

Rep: Debbie Sutrisno/ Red: Endro Yuwanto
Wajah Baru Stadion Utama Gelora Bung karno (SUGBK) usai dilakukan renovasi untuk Asian Games 2018, Jakarta, Sabtu (13/1).
Foto: Republika/Iman Firmansyah
Wajah Baru Stadion Utama Gelora Bung karno (SUGBK) usai dilakukan renovasi untuk Asian Games 2018, Jakarta, Sabtu (13/1).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) turut mengapresiasi renovasi Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta, yang dipersiapkan dalam menyambut perhelatan akbar Asian Games 2018. Apresasi ini dilayangkan Jokowi melalui fanpage Facebook miliknya, Sabtu (13/1).

Dalam unggahan tersebut, Jokowi menyatakan bahwa Stadion Utama GBK memiliki sejumlah keunggulan yang akan digunakan dalam Asian Games 2018.

"Tujuh bulan sebelum pesta olah raga negara-negara Asia, Asian Games 2018, diselenggarakan, tepatnya 8 Agustus 2018, renovasi Stadion Utama Bung Karno di (SUGBK) Senayan, Jakarta, telah selesai. Kami membeberkan keunggulan stadion yang akan menjadi venue utama Asian Games 2018 itu," tulis Presiden Jokowi.

Jokowi melanjutkan, inilah wajah Stadion Utama GBK yang baru, kapasitas 80.000 penonton dengan kualitas kursi lebih bagus dengan jenis satu kursi (single seat) dan lipat (flip up) yang telah memenuhi standar aksesibilitas evakuasi.

Dalam akun unggahan yang juga memperlihatkan gambaran SUGBK dari salah satu sudut, Jokowi menuturkan, setiap kursi mampu menahan beban hingga 250 kilogram dan tidak mudah ditarik sehingga menahan aksi vandalisme. Stadion ini juga sudah mengikuti standar Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) dalam aspek keamanan, yakni dalam kondisi darurat, dalam waktu 15 menit, stadion sudah harus kosong.

Stadion GBK akan diterangi lampu berkekuatan 3.500 lux. Penerangan ini tiga kali lebih terang dari sebelumnya, tapi 50 persen lebih hemat karena menggunakan LED, bukan lagi lampu konvensional. Dari segi pencahayaan, SUGBK menjadi salah satu yang terbaik di dunia saat ini.

Menurut Jokowi, sistem pencahayaan SUGBK terintegrasi dengan sistem tata suara yang berkekuatan hingga 80 ribu watt PMPO. Dengan tata suara seperti itu, ia meyakini lagu kebangsaan Indonesia Raya yang dinyanyikan pada upacara pembukaan nanti akan terdengar lebih dramatis.

Bagaimana dengan lapangan di dalamnya? Jokowi menerangkan, permukaan lapangan akan berlapiskan rumput dari jenis terbaik, zoysia matrella, yang dilengkapi alat penyiram otomatis hingga sistem drainase anti-banjir.

Stadion Utama GBK ini rencananya akan diresmikan Presiden Jokowi pada Ahad (14/1) malam dan langsung digunakan untuk pertandingan sepak bola persahabatan antara tim nasional (timnas) Indonesia melawan Islandia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement