Sunday, 21 Safar 1441 / 20 October 2019

Sunday, 21 Safar 1441 / 20 October 2019

Menpora Buka Gala Desa 2017 di Muba

Kamis 20 Jul 2017 06:17 WIB

Rep: Maspril Aries/ Red: Israr Itah

Menpora Imam Nahrawi dan Bupati Musi Banyuasin Dodi Reza Alex (tengah) membuka gelaran Gala Desa 2017 di Musi Banyuasin, Sumatra Selatan, Rabu (19/7).

Menpora Imam Nahrawi dan Bupati Musi Banyuasin Dodi Reza Alex (tengah) membuka gelaran Gala Desa 2017 di Musi Banyuasin, Sumatra Selatan, Rabu (19/7).

Foto: REPUBLIKA/Maspril Aries

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG -- Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi, Rabu (19/7) membuka ajang pesta olahraga bertajuk Gala Desa 2017 yang diselenggarakan di Kabupaten Musi Banyuasin (Muba). Menpora yang didampingi Bupati Muba Dodi Reza Alex dan Sekretaris Daerah (Sekda) Sumatra Selatan (Sumsel) Joko Iman Sentosa membuka gelaran olahraga tersebut di stable berkuda, Sekayu.

Pembukaan berlangsung meriah dengan dihadiri ribuan  pelajar SD, SMP dan SMA yang ada di Musi Banyuasin dan ratusan pegawai negeri atau aparat sipil negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Muba.

Menpora Imam Nahrawi dalam sambutannya menyatakan, sangat kagum dengan pelaksanaan Gala Desa di Musi Banyuasin, khususnya khusunya kepada Bupati Musi Banyuasin Dodi Reza Alex  yang telah menyukseskan agenda Gala Desa 2017. 

“Kemenpora hanya menjadi pendorong dan penggerak, selanjutnya adalah bagaimana seluruh masyarakat desa di Indonesia kembali ke tradisinya yaitu membudayakan olahraga dan memasyarakatkan olahraga serta mengolahragakan masyarakat. Kemenpora memayungi sekian banyak program unggulan olahraga pada 2017, ada Gala Desa, Gowes Pesona Nusantara dan Liga Sepak bola Pelajar,” kata Imam Nahrawi.

Pembukaan Gala Desa 2017 di Musi Banyuasin ditandai dengan penekanan tombol sirine oleh Menpora Imam Nahrawi kemudian bermain bulu tangkis berpasangan dengan Bupati Dodi Reza Alex melawang atlet bulu tangkis setempat.

Gala Desa di Kabupaten Muba tersebut berlangsung sampai September mendatang dengan puncaknya pada peringatan Hari Olahraga Nasional 9 September 2017. Gala Desa yang diikuti atlet dari 14 kecamatan di Muba tersebut mempertandingkan cabang olahraga sepak bola, bola voli, tenis meja, atletik, sepak takraw dan bulu tangkis.

Semnatar itu Bupati Muba Dodi Reza Alex dalam sambutannya mengatakan, “Gala Desa merupakan program unggulan dari Kementerian Pemuda dan Olahraga yang bertujuan untuk mengolahragakan masyarakat dan untuk menyebarkan semangat olahraga. Melalui Gala Desa juga menjadi sarana menemukan bibit bibit atlet yang berbakat  di Kabupaten Musi Banyuasin pada beberapa cabang olahraga.”

Bupati Dodi Reza Alex yang juga menjabat Presiden Sriwijaya FC mengharapkan Gala Desa di daerahnya bisa menjadi momentum menarik menarik animo pemerintah pusat untuk terus memberikan bantuan dan dukungan terhadap pembinaan dan pengembangan potensi olahraga di Musi Banyuasin.

Usai pembukaan Gala Desa, Menpora Imam Nahrawi sempat meninjau beberapa fasilitas olahraga yang ada di Sekayu, diantaranya stadion kolan renang yang sebelumnya dibangun untuk pelaksanaan PON XVI tahun 2004.

Pada peninjauan tersebut Menpora mengungkapkan, Kabupaten Musi Banyuasin layak jadi percontohan tujuan wisata olahraga nasional karena telah memiliki fasilitas olahraga berstandar internasional.

“Fasilitas olahraga dan potensi atlet di Musi Banyuasin akan menjadi perhatian Kemenpora. Untuk fasilitas yang sudah ada harus terus ditingkatkan dan dirawat,” pesan Imam.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA