Sabtu 29 Apr 2017 17:26 WIB

Alex Noerdin Raih Golden Award 2017 dari SIWO PWI Pusat

Rep: Maspril Aries/ Red: Israr Itah
Gubernur Sumatra Selatan (Sumsel) Alex Noerdin (tengah) menerima penghargaan Golden Award 2017 sebagai  Gubernur Peduli Olahraga Nasional oleh Seksi Wartawan Olahraga Persatuan Wartawan Indonesia (SIWO PWI) yang diserahkan Menpora Imam Nahrawi, Jumat (28/4).
Foto: Istimewa/ Humas Pemprov Sumsel
Gubernur Sumatra Selatan (Sumsel) Alex Noerdin (tengah) menerima penghargaan Golden Award 2017 sebagai Gubernur Peduli Olahraga Nasional oleh Seksi Wartawan Olahraga Persatuan Wartawan Indonesia (SIWO PWI) yang diserahkan Menpora Imam Nahrawi, Jumat (28/4).

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG -– Seksi Wartawan Olahraga Persatuan Wartawan Indonesia (SIWO PWI) Pusat mengganjar Gubernur Sumatra Selatan (Sumsel) Alex Noerdin penghargaan Golden Award 2017. Alex masuk dalam kategori peraih penghargaan Geburnur Peduli Olahraga Nasional.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi pada Jumat (28/4) malam di Jakarta. Pada acara yang dihadiri Ketua Umum Komite Olahraga Indonesia (KOI) Erick Thohir dan  Ketua Umum KONI Pusat Tono Suratman, Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ahmad Heryawan juga menerima penghargaan serupa.

Ketua panitia pelaksana Gungde Ariwangsa menjelaskan, anugerah Golden Award 2017 merupakan bentuk apresiasi dari wartawan olahraga Indonesia yang diberikan dengan beberapa kategori, seperti atlet terbaik putra dan putri, pelatih terbaik, pembina olahraga terbaik, klub terbaik, gubernur serta bupati yang berperan banyak dalam pembangunan olahraga, atlet favorit putra dan putri, lifetime achievement, dan kategori the best of the best.

Alex dalam sambutan singkatnya mengatakan, “Penghargaan ini merupakan hasil kerja semua pihak, mulai dari SEA Games XXVI, Islamic Solidarity Games, dan Asean University Games serta event olahraga international lainnya yang berlangusng di Sumatra Selatan,” kata dia.

Menurut Alex, sejak SEA Games XXVI 2011 sampai hari ini di Sumatra Selatan, telah berlangsung 39 single event internasional, level Asia, Asia Pasifik. “Semuanya berlangsung di Jakabaring Sport City yang memiliki fasilitas olahraga standar internasional dan sampai saat ini fasilitas olahraga di Jakabaring terus bertambah, terpelihara, dan bertambah baik,” katanya.

Penghargaan bidang olahraga yang diterima Alex bukan yang pertama. Sebelumnya pada 2012, Alex pernah menerima penghargaan bergengsing sebagai pembina olahraga terbaik versi sebuah tabloid olahraga nasional.

Kepedulian Alex Noerdin terhadap olahraga nasional semakin bersinar saat Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) menjadi tempat penyelenggaraan pertandingan cabang olahraga PON XVI 2004, saat itu Alex Noerdin masih menjabat sebagai Bupati Muba. Di Sekayu ibu kota Muba dibangun kolam renang standar nasional dan venue berkuda.

Kemudian saat menjabat Gubernur Sumsel, Alex juga ditetapkan sebagai Chef de Mission Indonesia pada SEA Games XXV – 2009 di Vientiane, Laos. Saat itu kontingen Indonesia mampu mendongkrak dari peringkat lima pada SEA Games XXIV mampu menduduki peringkat ketiga dalam pengumpulan medali.

Pada 2017, Alex Noerdin kembali akan memimpin kontingen olah raga Indonesia berlaga pada Islamic Solidarity Games (ISG) III. Ia akan kembali menjadi Chef de Mission Indonesia pada ISG yang akan berlangsung di Baku, Azerbaijan pada 12 – 22 Mei 2017. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement