Selasa 16 Jun 2015 16:12 WIB

Menpora: Perlu Perubahan Total Strategi Pembinaan Olahraga Nasional

Menpora Imam Nahrawi
Foto: ANTARA/Yudhi Mahatma
Menpora Imam Nahrawi

REPUBLIKA.CO.ID, SINGAPURA – Indonesia berada di posisi kelima perolehan medali dalam kompetisi SEA Games yang berlangsung di Malaysia. Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI, Imam Nahrawi mengatakan apapun hasil dan perolehen medalinya, perlu adanya evaluasi menyeluruh dan perubahan total dalam strategi pembinaan olah raga nasional.

Menurut dia, evaluasi ini penting demi mencapai kemajuan prestasi untuk kembali menjadi yang terbaik Asia Tenggara, menjadi macan di Asia dan disegani di pentas olah raga dunia. Hingga Selasa (16/6) pukul 12.00, perolehan medali Indonesia berada di posisi lima. Indonesia memperoleh 46 medali emas, 60 medali perak dan 74 perunggu. Total, Indonesia memperoleh 180 medali. Posisi Indonesia berada di bawah Thaiand, Singapura, Vietnam dan Malaysia.

“Ada beberapa cabang unggulan yang meleset dari target meski para atlet sudah berjuang keras dan mengeluarkan kemampuan terbaiknya,” kata dia.

SEA Games 2015 resmi dibuka pada 5 Juni 2015 dan diringi pesta kembang api meriah. SEA Games akan ditutup hari ini, Selasa (16/6) malam. SEA Games 2015 dengan motto Celebrate the Extraordinary (Merayakan saat-saat luar biasa),  bertepatan dengan ulang tahun Singapura ke-50. Sekitar 7000 atlet dan ofisial dari 11 negara Asia Tenggara memeriahkan pesta olah raga terbesar di Asia Tenggara yang mempertandingkan 36 cabang olahraga (cabor) ini.  Di kompetisi ini, kontingen Indonesia menerjunkan 522 atlet putra dan putri yang berlaga di 32 cabor. (ADV)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement