Rabu 26 Nov 2014 15:03 WIB

Asik, Bonus Asian Games 2014 Bakal Cair Pekan Ini

Rep: c69/ Red: M Akbar
Atlet wushu Indonesia, Wasni Juwita Niza (kiri), meraih medali perak dari cabor wushu putri nomor Nandao dalam perhelatan Asian Games 2014 di Ganghwa Dolmens Gymnasium, Incheon, Sabtu (20/9).
Foto: EPA/Hotli Simanjuntak
Atlet wushu Indonesia, Wasni Juwita Niza (kiri), meraih medali perak dari cabor wushu putri nomor Nandao dalam perhelatan Asian Games 2014 di Ganghwa Dolmens Gymnasium, Incheon, Sabtu (20/9).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Indonesia akhirnya akan memberikan bonus bagi para atlet yang berprestasi dalam ajang Asian Games dan Asian Para Games 2014 di Incheon, Korea Selatan, September lalu.

Rencananya penyerahan bonus ini akan diberikan pada Jumat (28/11). Acara pemberian bonus direncanakan dihelat di di Hotel Sahid dengan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) dijadwalkan yang langsung memberikannya.

Deputi bidang Harmonisasi dan Kemitraan Kemenpora, Gatot Sulistiantoro Dewa Broto, mengatakan penghargaan ini adalah bentuk apresiasi pemerintah melalui Kemenpora terhadap prestasi yang diraih bagi Indonesia.

"Diharapkan ini bisa menambah kesejahteraan dan motivasi para olahragawan, pelatih, dan asisten pelatih," katanya kepada wartawan pada acara Jumpa Pers, Rabu (26/11).

Ia mengungkapkan penantian selama ini dikarenakan banyaknya urusan verifikasi yang harus dilakukan. Pihak Kementrian merasa harus melakukan pengecekan kembali data pemenang yang ada di KONI ataupun Cabang Olahraga (Cabor) lainnya.

Pada tahun lalu, Gatot mengatakan, para peraih medali harus menunggu enam bulan setelah Sea Games untuk bisa menerima bonus. Tahun ini, kata dia, penyerahan bonus dipercepat, yakni hanya berselang sebulan setelah Asian Games.

Untuk besaran bonus, kata dia, masih sama seperti pada Asian Games 2010 di Guangzhou, Cina. Nilai penghargaan untuk atlet perorangan dan dobel pemenang medali emas Asian Games 2014, sebesar Rp 400juta. Sementara untuk beregu (tiga orang atau lebih), sebesar Rp 200juta. Ini akan diberikan pada 4 peraih medali emas.

Lantas untuk perak perorangan dan dobel senilai Rp 200juta serta perak beregu Rp 100juta. Medali ini akan diberikan pada 5 peraih medali perak.

Sementara pemenang perunggu perorangan dan dobel memperoleh Rp 50juta dan beregu Rp 25juta. Bonus untuk peraih medali ini akan diberikan kepada 11 peraih medali.

Lalu untuk pelatih yang berhasil membawa atletnya meraih medali emas akan memperoleh bonus sebesar Rp 100juta, perak sebesar Rp 50juta, dan perunggu 30juta. Sedangkan untuk asisten pelatih bagi atlet peraih emas mendapatkan bonus Rp 50juta, perak Rp 25juta, dan bonus Rp 15juta untuk peraih perunggu. Ini dengan total pelatih dan asiten pelatih sebanyak 19 orang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement