Kamis 09 Oct 2014 12:08 WIB

Menpora: Pencak Silat Harus Dipertandingkan di Asian Games

Menpora Roy Suryo
Foto: Rakhmawaty La'lang/Republika
Menpora Roy Suryo

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA  --  Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Roy Suryo mengatakan pencak silat harus dipertandingkan pada Asian Games 2018 karena menjadi kesempatan Indonesia untuk menjadikannya sebagai cabang olahraga Olimpiade.

"Jika mau dipertandingkan di Olimpiade, harus tembus di Asian Games dulu. Artinya, kesempatan untuk meloloskannya ketika Indonesia menjadi tuan rumah," kata Roy di Jakarta, Kamis (9/10).

Roy mengungkapkan peluang untuk mempertandingkan pencak silat sangat terbuka karena Indonesia sebagai tuan rumah memilik hak suara dalam menentukan cabang olahraga.

"Bukan saya mau mendahului, pencak silat pasti dipertandingkan di Asian Games 2018 karena Indonesia sebagai tuan rumah memiliki hak untuk meminta," ujar pakar telematika dan politikus Partai Demokrat ini.

Roy menambahkan, upaya untuk membawa pencak silat ke pentas dunia ini juga telah dilakukan Kemenpora ketika mengadakan studi banding ke Eropa belum lama ini.

Roy bersama tokoh pencak silat Indonesia Jendral Purnawirawan TNI Eddy Nalapraya berkunjung ke Bulgaria untuk meminta dukungan otoritas olahraga negara tersebut.

"Kita tidak ingin, pencak silat menjadi tenggelam setelah dipertandingkan di Asian Games karena tidak lagi digelar di Olimpiade. Bulgaria diharapkan turut mengusulkan pencak silat ke Komite Olimpiade Dunia (IOC)," ujar Roy.

sumber : a
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement