Selasa 07 Oct 2014 16:51 WIB

Siman Optimistis Rebut Medali Asian Games 2018

Perenang Indonesia I Gede Siman Sudartawa.
Foto: Antara/Puspa Perwitasari
Perenang Indonesia I Gede Siman Sudartawa.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA  --  Perenang nasional I Gede Siman Sudartawa optimistis bakal merebut medali pada Asian Games 2018 di Jakarta karena pada ajang serupa di Incheon belum lama ini mampu menebus peringkat empat besar.

"Saya lebih optimistis pada Asian Games mendatang, apalagi pada 2018 nanti memasuki 'golden age' (usia emas, red) karena sudah 24 tahun," kata Siman di Jakarta, Selasa (7/10).

Siman mengatakan keberhasilan menembus babak final nomor 50 meter gaya punggung pada Asian Games lalu dapat dijadikan tolak ukur kemampuan diri. Ia mengaku tidak menyangka mampu mengimbangi catatan waktu perenang asal Jepang dan Tiongkok.

"Yang jelas, saya bertambah percaya diri sepulang dari Incheon. Saya banyak mendapat pelajaran berharga meski tetap kecewa karena gagal menyumbang medali," ujar peraih empat medali emas SEA Games 2011 ini.

Siman menyadari bahwa ia sangat lemah ketika berada pada posisi "under water", tepatnya sesaat setelah masuk ke dalam kolam setelah start. Namun, pada kesempatan lain, ia memahami dapat adu sprint di lintasan.

"Saya sudah tertinggal setengah badan tapi masih bisa menyusul," ujar pemegang rekor SEA Games nomor 100 meter gaya punggung ini.

Pada Asia Games di Incheon, Senin (22/9), Siman berhasil lolos ke babak kualifikasi setelah membukukan waktu 25,40 detik. Catatan waktu itu memecahkan rekor nasional nomor 50 meter gaya punggung atas nama dirinya sendiri yang dicetak di Kejuaraan Renang di Singapura dengan waktu 25,52 detik.

Perenang asal Bali ini akhirnya finis pada urutan ke empat setelah mencetak catatan waktu 25,42 detik. Medali emas diraih perenang Jepang Koga Junya yang membukukan catatan waktu 24,46 detik, disusul perenang Tiongkok Jiayu Xu dengan 25,04 detik, perenang Jepang Irie Ryosuke dengan 25,07 detik.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement