Sabtu 11 Feb 2017 17:50 WIB

PNJ Jalin Kerja Sama dengan Korsel untuk Penyandang Disabilitas

Rep: Rusdy Nurdiansyah/ Red: Bayu Hermawan
Kesepakatan kerja sama antara Politeknik Negeri Jakarta dengan Korean Society for Rehabilitation of Person with Disabilities
Kesepakatan kerja sama antara Politeknik Negeri Jakarta dengan Korean Society for Rehabilitation of Person with Disabilities

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Politeknik Negeri Jakarta (PNJ) menjalin kerja sama dengan Korean Society for Rehabilitation of Person with Disabilities (KSRPD). MoU dilakukan Direktur PNJ Habib Abdillah dengan Perwakilan dari KSRPD yakni Mr. Sung-Min JO, yang dilaksanakan di Kampus PNJ, Depok, Jumat (10/2) kemarin.

Direktur PNJ Habib Abdillah menyambut baik adanya kerja sama tersebut. Terlebih lagi, PNJ sebagai satu-satunya Perguruan Tinggi yang membuka program D3 bagi penyandang disabilitas.

"Tentunya, kita sangat apresiasi dengan kerja sama ini. Kita juga terus berusaha mencari terobosan dalam menjalin kerjasama dari Luar Negeri. Semua ini kita lakukan untuk kemajuan anak didik agar lebih baik," ujarnya seusai acara penandatanganan kerjasama PNJ dengan Korean Sosiety for Rehabilitation of Person with Disabilities.

Director of Korean Sosiety for Rehabilitation of Person With Disabilities, Sung Min Jo juga menyambut baik kerja sama tersebut.  Menurutnya dipilihnya PNJ karena sangat membantu dalam programnya bagi penyandang disabilitas.

"Bentuk kerja  samanya, kita akan memberikan bantuan berupa infrastruktur, seperti jalan bagi disabilitas, kamar mandi dengan fasilitas toilet untuk disabilitas dan lainnya. Kita akan memberikan pengajaran untuk IT atau komputer sesuai dengan kemampuannya masing-masing. Selain itu, juga memberikan beragam pelatihan," jelasnya.

Dikatakannya, setelah mendapatkan pendidikan mereka juga akan diarahkan ke perusahaan. Selain itu, lanjutnya, membekali para penyandang disabilitas dalam kemandirian seperti dalam fotocopy.

"Setelah mendapatkan pendidikan tidak begitu saja kita lepas. Tapi, kita juga akan salurkan ke perusahaan. Sehingga, bisa maniru dan bermanfaat di masyarakat," ujarnya.

Korean Sosiety for Rehabilitation of Person with Disabilities merupakan NGO dari Korea yang menangani khusus penyandang disabilitas. Bermula adanya kepedulian seusai perang di Korea, saat ini juga telah membantu di Vietnam.

Mr. Sung-Min JO sangat antutias dengan program ini dan sangat senang bekerja sama dengan PNJ. Direktur PNJ, Abdillah sangat menghargai adanya perjanjian kerja sama ini.

PNJ memang mencari kerja sama dari pihak luar negeri agar PNJ lebih dikenal lagi di kancah Internasional, dan PNJ harus bangga karena PNJ merupakan satu-satunya perguruan tinggi negeri yang memiliki program khusus bagi penyandang disabilitas.

Program kerja sama ini akan berlangsung sejak ditandatanganinya perjanjian ini hingga Oktober 2017. "Dan akan dilihat lagi perkembangannya jika memang baik maka akan dipertimbangkan kembali untuk perpanjangan kerja sama," katanya lagi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement