Monday, 2 Jumadil Akhir 1441 / 27 January 2020

Monday, 2 Jumadil Akhir 1441 / 27 January 2020

Philipp Lahm akan Pensiun di Muenchen Akhir Musim Ini

Rabu 08 Feb 2017 07:34 WIB

Red: Israr Itah

Philipp Lahm

Philipp Lahm

Foto: REUTERS/Michael Dalder

REPUBLIKA.CO.ID, BERLIN -- Pemain Bayern Muenchen Philipp Lahm mengumumkan akan pensiun pada akhir musim ini. Keputusan ini disampaikan oleh bek 33 tahun itu pada Rabu (7/2).

Lahm telah memainkan 501 pertandingan untuk Bayern sejak debut seniornya pada 2002. Kapten Jerman saat mereka menjuarai Piala Dunia 2014 ini mengatakan meski ia dapat terus bermain di level teratas sampai akhir musim, ia tidak akan mampu mempertahankannya.

"Saya akan mengakhiri karir saya pada akhir musim," kata Lahm kepada para pewarta setelah kemenangan Bayern atas Vfl Wolfsburg pada babak 16 besar Piala Jerman Rabu dini hari tadi. "Saya telah menginformasikan keputusan saya kepada para ofisial klub."

Ini artinya Lahm akan pensiun lebih cepat setahun dari kontraknya. Muenchen mengikat Lahm sampai musim panas 2018.

Lahm merupakan salah satu pemain tersukses Jerman sepanjang masa. Ia memenangi nyaris semua trofi bersama klub dan negaranya, termasuk tujuh gelar Liga Jerman, Liga Champions, dan Piala Dunia.

Bek bertubuh mungil ini merupakan salah satu full-back terbaik di dunia dalam satu dekade. Ia kemudian digeser lebih ke tengah pada beberapa musim terakhir.

Lahm, yang pensiun dari timnas setelah kesuksesan Jerman di Piala Dunia di Brasil, merupakan hasil didikan akademi Bayern. Ia sempat dipinjamkan selama dua musim ke VfB Stuttgart pada 2003 sampai 2005 dan kemudian tak tergantikan di Muenchen.

Ia masih berpeluang menambahi gelar pada koleksi trofinya musim ini, di mana Bayern juga memuncaki Liga Jerman dan akan berhadapan dengan Arsenal pada 16 besar Liga Champions.

sumber : Antara/Reuters
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA