Tuesday, 6 Jumadil Akhir 1442 / 19 January 2021

Tuesday, 6 Jumadil Akhir 1442 / 19 January 2021

Beras Singkong Lampung Tengah 'Go' Nasional

Selasa 07 Feb 2017 09:46 WIB

Red: Agus Yulianto

Nasi dari singkong (Ilustrasi)

Nasi dari singkong (Ilustrasi)

Foto: Agung Supriyanto/Republika

REPUBLIKA.CO.ID,  BANDAR LAMPUNG -- Pemerintah Kabupaten Lampung Tengah siap memasarkan beras singkong ke seluruh Indonesia atau 'go' nasional. Pemkab setempat telah menjalin kerja sama dengan sejumlah mini market modern untuk memasarkan dengan mendatangkan Direktur Alfamart pusat Solihin, Wakil Pimpinan IndoMart Lampung Ridwan, dan perwakilan PT Indometro dari Kota Metro, Provinsi Lampung.

"Dalam peluncuran, saya mendatangkan beberapa perusahaan dan minimarket modern, ada Alfamart dan Indomart yang secara terbuka siap memasarkan produk beras singkong Lampung Tengah di seluruh gerai mereka, tak hanya di Lampung tetapi juga di seluruh Indonesia," kata Bupati Lampung Tengah Mustafa.

Pemkab Lampung Tengah telah melakukan peluncuran beras singkong yang merupakan perpaduan atau komposisinya dari singkong (ubi kayu) dan jagung pada Senin (6/2). "Rasa beras singkong tak jauh berbeda dengan beras padi, hanya saja teksturnya lebih kenyal dan warnanya kuning muda," kata Mustafa.

Pihaknya juga akan menggandeng perusahaan Indometro yang selama ini sudah memasarkan produk beras singkong Lampung Tengah di Kota Metro, Provinsi Lampung. Dengan adanya kerja sama tersebut diharapkan bisa meningkatkan nilai tambah produk singkong, yang akhirnya berdampak pada perekonomian masyarakat khususnya petani singkong.

Dengan anjloknya harga singkong saat ini, beras singkong merupakan solusi efektif membangkitkan potensi tanaman ubi kayu tersebut. Dalam jangka panjang, pengembangan beras singkong diharapkan bisa berdampak pada kesejahteraan petani singkong di Lampung Tengah.

"Sudah saatnya petani kita cerdas, tak hanya mampu menanam, tetapi juga mampu mengembangkan tanaman mereka sebagai produk unggulan yang mempunyai nilai jual tinggi. Akhirnya petani juga tidak risau dengan harga singkong yang berlaku di pasaran. Kerja sama dengan Alfamart dan Indomaret ini akan kita MoU kan agar memiliki kekuatan hukum," kata dia.

Direktur Alfamart pusat Solihin mengapresiasi atas inovasi dan upaya Bupati Mustafa dalam meningkatkan nilai jual harga singkong. Pihaknya terbuka luas untuk bisa memasarkan beras singkong Lampung Tengah di seluruh gerai Alfamart di Indonesia.

"Kebetulan di Alfamart sendiri belum ada produk beras dari singkong. Saya rasa ini menjadi potensi bisnis yang sangat menjanjikan. Untuk tahapan mekanisme penjualan, ini akan kami survei terlebih dahulu, khususnya menyangkut lokasi, di wilayah manakah yang akan menjadi skala prioritas," ujarnya.

Dengan segala keunggulan beras singkong, Solihin optimistis produk Berasku Sehat, Beras Sigerku, dan Beras Tiwulku dapat diterima di pasaran. Pasar beras singkong ini bisa mengarah pada penderita diabetes, orang-orang yang sedang melakukan program diet, maupun orang-orang yang menjalankan gaya hidup sehat.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA