Senin 06 Feb 2017 08:49 WIB

Langkah Sederhana Merawat Kulit Wajah

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari
Pemilik kulit berminyak tetap bisa tampil cantik dengan bantuan tips dandan yang tepat.
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Pemilik kulit berminyak tetap bisa tampil cantik dengan bantuan tips dandan yang tepat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Merawat kulit wajah banyak dilakukan oleh perempuan. Agar tetap cantik dan menarik, tak sedikit yang melakukan banyak perawatan kulit wajah. Mulai dari perawatan yang biasa saja, sampai perawatan yang membutuhkan biaya mahal. Sebenarnya perawatan wajah seperti apa sih yang sebaiknya dilakukan?

Dokter spesialis kulit dan kelamin, dr Sari Chairunnisa, SpKK, menjelaskan perawatan kulit wajah itu sederhana. Yang penting kita konsisten melakukannya.

Pertama kuncinya adalah kita tahu jenis kulit. Ini yang sering membuat orang bingung, apakah kulit wajahnya kering, berminyak, kombinasi atau normal. “Kondisi kulit paling asli ketika bangun tidur,” jelasnya saat acara Beauty  Talkshow dengan tema Great Make Up Starts from Good Skin, di ajang Indonesia Fashion Week (IFW) 2017 di Jakarta. Sabtu (4/2).

Langkah kedua adalah mengenali keluhan kulit wajah. Apakah ada jerawat, keriput, atau apa. Kalau kulit kering, keluhan pada umumnya adalah kulit kusam dan keriput.  Kenali pula apakah tipe kulit wajah sensitif atau tidak. Karena pada dasarnya kulit wajah manusia itu berbeda. Ada yang kulitnya sensitif, ketika ganti produk perawatan wajah maka gampang kemerahan.

“Setelah mengetahui tipe dan jenis kulit, keluhan kulit wajah. Cintai juga jenis kulit kita. Kenali hal-hal yang dapat merusak kesehatan kulit. Kemudian kenali produk perawatan kulit wajah. Pilihan produk harus konsisten. Pilih yang halal dan aman,” ujarnya.

Selain itu, lakukan gaya hidup sehat untuk kulit yang lebih sehat dan aplikasi makeup yang lebih sempurna. “Tidur cukup, olahraga cukup. Aktivitas fisik cukup. Kalau tidurnya kurang, maka kolagen di kulit akan hancur. Karena itu setiap habis kurang tidur muka akan terlihat bengkak. Itu yang harus dihindari,” ujarnya.

Selain itu, makanan harus dijaga, konsumsi makanan kaya warna dari beragam buah dan sayur. Hindari makanan cepat saji.

“Junk food hanya putih dan ayamnya saja. Sebaiknya satu porsi harus ada buah dan sayur,” ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement