Thursday, 18 Safar 1441 / 17 October 2019

Thursday, 18 Safar 1441 / 17 October 2019

Aplikasi Pendeteksi dan Pemanggil Ikan Karya Mahasiswa

Rabu 01 Feb 2017 08:00 WIB

Red: Yudha Manggala P Putra

Nelayan Larantuka memancing ikan Cakalang di perairan Flores, NTT

Nelayan Larantuka memancing ikan Cakalang di perairan Flores, NTT

Foto: Prayogi/Republika

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Mahasiswa Teknik Informatika Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya Afis Sabi Masrury berhasil mengembangkan aplikasi untuk mempermudah nelayan mendeteksi dan memanggil ikan di kedalaman laut 100 meter. Aplikasi berbasis android itu bernama Fish Finder.

Afis menjelaskan yang melatarbelakangi dibuatnya aplikasi ini karena banyak nelayan yang telah menggunakan telepon genggam pintar berbasis android, sehingga nelayan akan mudah menjangkau dan menggunakannya.

"Sebenarnya teknologi Fish Finder itu sudah ada cuma harganya cukup mahal, yakni mencapai puluhan juta rupiah. Sehingga, saya mencoba mengembangkan yang terjangkau untuk nelayan," kata Afis ditemui di kampus Untag Surabaya, Selasa (31/1).

Afis menjelaskan penggunaan smartphone ialah sebagai pengganti posisi GPS Garmin dalam membaca hasil pembacaan sensor fish finder. Selain itu, dengan teknologi bluetooth yang cukup canggih dapat menghemat biaya pengeluaran nelayan karena tidak perlu membeli pulsa paketan untuk menghubungkannya dengan alat pembaca lokasi ikan.

"Merakit alat ini dibutuhkan dana sekitar Rp 5 juta. Itu untuk kamera Go Pro dan sensor ardiuno," ujarnya.

Sedangkan di androidnya terdapat tiga informasi. Pertama grafik permukaan dasar air, kedua kontrol kamera, dan kontrol frekuensi pemanggil ikan yang menggunakan sensor sonar dan buzer 5 volt dan bisa memanggil ikan maksimal hingga 30 meter.

"Untuk pemakaiannya, alat ini cukup dipasang di dasar atau samping perahu. Dengan sendirinya alat ini bisa mendeteksi keberadaan ikan di lokasi nelayan yang sedang berhenti," ujarnya.

Sementara itu sonar sensor berguna untuk memanggil ikan, sehingga teknologi ini dapat membantu meningkatkan hasil tangkapan ikan nelayan. 

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA