Senin, 18 Zulhijjah 1440 / 19 Agustus 2019

Senin, 18 Zulhijjah 1440 / 19 Agustus 2019

Mendorong UKM agar Melek Digital

Sabtu 28 Jan 2017 17:39 WIB

Red: Hiru Muhammad

Mobil keliling digunakan untuk mendatangi UKM yang tersebar di sejumlah wilayah

Mobil keliling digunakan untuk mendatangi UKM yang tersebar di sejumlah wilayah

Foto: dok hiru muhammad

REPUBLIKA.CO.ID, DENPASAR -- Pemerintah terus menggiatkan pemberdayaan ekonomi usaha kecil mikro (UKM) di sejumlah daerah agar mampu bertransaksi melalui media digital atau e commerce. Kali ini upaya itu dilakukan 25 BUMN yang bergabung mendirikan rumah kreatif BUMN(RKB).

RKB merupakan terobosan yang dilakukan BUMN untuk lebih dekat melayani pengembangan UKM. Bentuk layanan yang dilakukan ada tiga tingkatan. Paling rendah adalah tingkat C dimana UKM belum siap melakukan transaksi online karena belum memahami berbisnis melalui internet. "KIta bina mereka supaya bisa bertanskasi secara online," kata Ahmad Reza, Vice Presiden Corporate Communication PT Bank Mandiri Tbk.

Tingkat B adalah UKM yang sudah siap berbisnis secara online, namun mereka kurang mampu dalam menjalankan bisnisnya. Seperti pengiriman barang yang tidak tepat waktu, kemasan yang kurang baik, merek produk yang kurang menjual dan lainnya. 

Tingkat A adalah UKM yang sudah siap berbisnis secara online sehingga lebih mudah untuk didorong melakukan ekspansi bisnis. Mereka biasanya tidak punya jalur untuk memasarkan produknya ke pusat perbelanjaan modern. "Disinilah mereka kita bantu," kata Reza.

Menurutnya, tahun ini Bank Mandiri telah menyiapkan 46 titik layanan RKB yang tersebar di sejumlah kota. Seperti Jakarta, Bogor, Surabaya, Denpasar, Ponorogio, Cilegon dan beberapa kota lainnya. "Potensi mereka besar, tapi ada akses dalam pemasaran dan ketrampilan bisnis," kata Reza. 

Program tersebut merupakan bagian dari kegiatan 25 BUMN dimana ketujuh BUMN menjadi percontohan. Terdiri dari Bank Mandiri, BNI, BTN, BRI, PLN PT Telkom dan PT Pertamina.  Total RKB yang didirikan ke-25 BUMN itu mencapai 514 buah. 

Meski tidak menargetkan untuk menjadikan pelaku UKM sebagai nasabah, namun pihaknya akan terus memberikan dorongan usaha kepada mereka. Bagi pelaku UKM yang dianggap berhasil mengembangkan bisnis tidak tertutup kemungkinan untuk memperoleh pinjaman modal usaha yang sesuai kebutuhan. 

Bank Mandiri sendiri telah menyiapkan kendaraan keliling yang siap jemput bola mendatangi konsumen atau pelaku usaha. Bagi para pelaku UKM yang hendak mencari tahu lebih jauh tentang RKB ini dapat menelusuri laman www.RKB.id atau mendatangi kantor RKB terdekat.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA