Selasa 24 Jan 2017 13:33 WIB

Naik Transportasi Umum Bikin Badan Lebih Sehat?

Transjakarta Busway
Foto: >
Transjakarta Busway

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menggunakan kendaraan pribadi untuk beraktifitas memang sangat menyenangkan. Anda tidak perlu merasa berkeringat, dan berdesakan satu sama lain bila menggunakan kendaraan umum.

Tetapi, manfaatnya, menggunakan kendaraan umum bukan hanya mengurangi kemacetan, tetapi juga berdampak pada kesehatan. Seperti kondisi fisik yang menjadi lebih kuat dari biasanya.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of British Columbia di Kanada mengatakan mereka yang menggunakan transportasi umum memiliki tubuh lebih bugar. Ditambah lagi, risiko obesitas dapat ditekan dengan seringnya melakukan gerak seperti menggunakan transportasi umum.

Dilansir laman Women's Health, itu disebabkan banyaknya pergerakan yang dilakukan oleh mereka dengan menggunakan trasnportasi umum. Dari mulai menunggu, atau mengejar dan bahkan berdesakan di dalamnya. Juga diketahui mereka yang menggunakan transportasi umum lebih cekatan dalam menjaga keseimbangan dan gerak langkahnya.

Meski ada dampak baik, bukan berarti menggunakan kendaraan umum tidak terpapar penyakit. Gunakan selalu masker setiap kali keluar rumah dan mencuci tangan ketika sampai di kantor. Hal itu mencegah pertukaran bakteri dari tiang kendaraan ke tangan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement