Ahad 22 Jan 2017 14:48 WIB

Hanya 48 dari 4.000 Universitas Raih Akreditasi A

Rep: Dyah Ratna Meta Novia/ Red: Agus Yulianto
Rektor Uhamkan Prof Dr Suyatno
Rektor Uhamkan Prof Dr Suyatno

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Rektor Uhamka Suyatno mengatakan, hanya 48 perguruan tinggi yang  mendapat akreditasi A. Sebanyak 48 perguruan tinggi yang dapat akreditasi A berasal dari sekitar  4000 perguruan tinggi di Indonesia.

"Ini menunjukkan susahnya mendapat akreditasi A. Perguruan tinggi swasta yang sejak awal mendapat akreditasi A antara lain Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Universitas Muhammadiyah Malang, dan Universitas Islam Indonesia," katanya, Sabtu, (21/1).

Oleh karena itu, ujar Suyatno, Uhamka ingin seperti UMY memiliki akreditasi A. "Makanya, kami minta dibimbing oleh UMY agar bisa meraih akreditasi A seperti UMY."

Rupanya, bimbingan UMY manjur dengan cara Uhamka memenuhi syarat-syarat yang diperlukan untuk meraih akreditasi A. Untuk mendapat akreditasi A membutuhkan kerja keras semua pihak.

"Akhirnya kami bisa menyusul UMY mendapat akreditasi A. Ini tak lepas dari peran mahasiswa. Sebab, mahasiswa menjadi stakeholder utama dan aktivitasnya diperhitungkan," ujarnya.

Akreditasi A ini harus dipertahankan dan dirawat. Salah satu caranya mahasiswa berusaha memberikan yang terbaik dengan belajar sungguh-sungguh.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement