Rabu, 2 Rajab 1441 / 26 Februari 2020

Rabu, 2 Rajab 1441 / 26 Februari 2020

Surat Suara Mulai Dilipat

Rabu 18 Jan 2017 14:00 WIB

Red:

TASIKMALAYA -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tasikmalaya memulai proses pelipatan surat suara pada Selasa (17/1) di GOR Transito, Kecamatan Cipedes. Nantinya surat suara akan digunakan bagi penyelenggaraan pemilihan wali kota dan wakil wali kota pada 15 Februari mendatang.

Komisioner KPU Asep Hendri mengatakan, proses pelipatan surat suara bertujuan juga untuk menyortir surat suara. Sebab, proses itu akan bisa menemukan surat suara yang cacat agar secepatnya diganti. Ia menyebut kategori surat suara cacat yaitu cetakan buram atau pudar, ada berkas tinta atau sobek.

"Yang sehat kami lipat dan yang cacat nanti dikumpulkan dan dihitung untuk proses penggantian," katanya saat ditemui wartawan di lokasi.

Pihak KPU menargetkan surat suara sebanyak 487.924 bisa rampung disortir dan dilipat dalam waktu 10 hari. Guna memenuhi target itu, KPU menugaskan panitia pemungutan suara di masing-masing kelurahan dan kecamatan pada proses pelipatan.

Akibat lokasi pelipatan yang tak begitu luas, KPU membagi proses pelipatan menjadi dua gelombang. Total petugas pelipat kertas surat suara mencapai 200 orang. "Alokasi waktu sepuluh hari, masing-masing gelombang lima hari," ujarnya.

Hingga saat ini, ia mengatakan, proses pelipatan masih menggunakan tenaga internal KPU. Pihaknya belum berencana menggunakan tenaga honerer. Alasannya, tenaga internal KPU dinilai lebih independen karena sudah disumpah. Para petugas pelipat pun dibayar 125 rupiah per surat suara yang dilipat dikurangi pajak lima persen.

"Pelipatnya dari PPK (panitia pemilihan kecamatan—Red) dan PPS (panitia pemungutan suara—Red) karena mereka lebih steril, soalnya terikat sumpah dan janji sebagai penyelenggara pemilu," ucapnya.  

Tiba di Jakarta
Dari Jakarta, Komisioner KPU DKI Jakarta Dahlia Umar mengatakan, surat suara untuk Pilkada Jakarta sudah selesai dicetak. Seluruh surat suara segera dikirim dan dijadwalkan tiba di Jakarta pada akhir pekan ini.

Menurut Dahlia, pihaknya saat ini sedang berada di lokasi pencetakan surat suara, PT Adi Perkasa Makassar. KPU DKI bersama KPU RI mengawasi proses sortir surat suara, finalisasi pengepakan surat suara, dan mengawasi pemusnahan pelat film. Selanjutnya, surat suara akan dikirim ke Jakarta menggunakan jalur laut.

"Insya Allah nanti malam surat suara akan dikirim dari percetakan ke pelabuhan. Kapal yang membawa surat suara akan berangkat ke Jakarta Rabu (18/1) pagi," ujar Dahlia ketika dikonfirmasi Republika, di Jakarta, Selasa (17/1).

Menurut dia, surat suara akan tiba di Jakarta pada Ahad (22/1). Jumlah seluruh surat suara yang telah selesai dicetak sebanyak 7.292.619 lembar. Setelah tiba di Jakarta, surat suara akan langsung dikirimkan ke KPU wilayah setempat.

Dahlia menambahkan, pada Selasa, pihaknya mengawasi pemusnahan surat suara rusak atau kotor. "Ada 6.279 lembar surat suara yang rusak dan kotor," tutur dia.      rep: Rizky Suryarandika, Dian Erika Nugraheny, ed: Muhammad Hafil

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA