Monday, 13 Sya'ban 1441 / 06 April 2020

Monday, 13 Sya'ban 1441 / 06 April 2020

Kuota Pemain Asing Liga Super Cina Segera Diatur

Senin 16 Jan 2017 08:21 WIB

Rep: Agus Raharjo/ Red: Andri Saubani

Striker Boca Juniors, Carlos Tevez

Striker Boca Juniors, Carlos Tevez

Foto: EPA/Juan Ignacio Roncoroni

REPUBLIKA.CO.ID, SHANGHAI—Asosiasi Sepak Bola Cina (CFA) dilaporkan segera menerbitkan aturan soal jumlah pemain asing yang dari klub peserta Liga Super Cina. Hal ini didasari kekacauan transfer pemain asing oleh klub-klub di Liga Super Cina musim ini. Dilansir dari ESPN FC, CFA akan mengurangi jumlam pemain asing yang dapat diturunkan dalam setiap pertandingan.

Media di Cina melaporkan CFA dikabarkan hanya akan mengizinkan tiga pemain asing yang dapat diturunkan pada setiap pertandingan. Meskipun, klub di Liga Super Cina masih diperbolehkan memiliki lima pemain non-Cina dalam skuatnya. Aturan ini memang belum secara resmi diumumkan. Namun, kabar ini sudah beredar di media-media Cina.

Sebelum aturan ini ada, klub diizinkan memiliki lima pemain asing dan empat pemain asing dapat dimainkan dalam satu pertandingan. Namun, berdasarkan aturan yang baru, hanya tiga pemain asing yang boleh diturunkan sekaligus. Sisanya duduk di bangku cadangan. Selain itu, kuota pemain asing dari Asia akan dihapuskan. Artinya, klub Liga Super Cina boleh memiliki lima pemain asing dari negara manapun.

CFA juga menerbitkan aturan bahwa setiap klub Liga Super harus memiliki minimal dua pemain di bawah usia 23 tahun. Ini menjadi wujud pembinaan pemain muda China. Setiap pertandingan, klub harus memainkan satu pemain di bawah usia 23 tahun. Ini menjadi aturan yang akan segera disahkan oleh CFA.

Sejak jendela transfer dibuka pada 1 Januari lalu, banyak klub di Liga Super Cina berburu pemain asing. Bahkan, dana besar dikucurkan untuk mendapatkan tanda tangan pemain bintang dari Liga Eropa. Klub Liga Super sudah mencatatkan rekor transfer dengan untuk mendatangkan pemain asing.

Shanghai SIPG menjadi yang paling banyak mengeluarkan dana setelah mendaratkan mantan pemain Chelsea, Orscar dengan banderol 60 juta euro dan mendapatkan pemain Uzbekistan Odil Ahmedov dengan harga 7 juta euro dari FC Krasnodar. Padahal, sejak kedatangan pelatih Andre Villas-Boas, Shanghai SIPG sudah mendatangkan pemain-pemain bintang Eropa.

Shanghai SIPG sudah mendapatkan Hulk dari Zent St. Peterburg dengan memecahkan rekor pada transfer Juni lalu dengan banderol 55 juta euro. Klub sekota Shanghai Shenhua juga masih dikabarkan akan memboyong bintang Argentina, Carlos Teves dengan bayaran tertinggi di dunia dari Boca Juniors.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA