Thursday, 17 Rabiul Awwal 1441 / 14 November 2019

Thursday, 17 Rabiul Awwal 1441 / 14 November 2019

Darah Muda SM Pertamina di IBL 2017

Sabtu 14 Jan 2017 18:00 WIB

Red:

Seri pertama Indonesian Basketball League (IBL) 2017 segera bergulir pada 20-22 Januari mendatang di Surabaya. Satria Muda (SM) Pertamina menjadi salah satu klub dari 11 tim yang akan berlaga pada ajang olahraga basket terbesar di Indonesia itu.

Menghadapi IBL musim ini tentunya menjadi tantangan tersendiri untuk menghadapi persaingan nanti. Sebab, SM Pertamina baru saja merombak beberapa hal, terutama soal banyaknya pemain muda yang bergabung. Belum lagi, adanya dua pemain asing yaitu Tyreek Jewel dari St Francis University dan Carlos Charles Smith dari Bowie St.

Skuat SM Pertamina diisi oleh pemain paling muda kelahiran 1993 dan 1992. Beberapa di antaranya Gunawan dan Audy Bagastyo Arizanugraha. Sementara, pemain tertua hanya sampai kelahiran 1986, yaitu Christian Ronaldo Sitepu.

''Makanya tim kita saat ini sebenarnya bisa dibilang tim muda dan muda banget,'' kata kepala pelatih SM Pertamina Youbel Sondakh, di Mazzanine Ballroom Pertamina, Rabu (11/1).

IBL 2017 juga akan menjadi debut bagi Youbel sebagai kepala pelatih baru karena sebelumnya posisi itu masih diduduki oleh Cokorda Raka Satrya. Lalu Rony Gunawan yang baru saja pensiun kini masuk dalam jajaran manajemen SM Pertamina.

Banyaknya perubahan yang terjadi membuat SM Pertamina segera menghadapi tantangan baru untuk merebut prestasi. IBL 2017 akan menjadi kesempatan pertama untuk menguji formasi baru SM Pertamina.

Meski begitu, Youbel tak merasa itu menjadi kekhawatiran, itu justru menjadi peluang bagus untuk pemain muda yang belum memiliki banyak jam terbang. ''Tantangannya cuma satu sih, jam terbang mereka masih kurang makanya kita mau memberikan kesempatan pada yang muda ini,'' ujar Youbel.

Youbel tentunya tak mau memberikan pemain mudanya itu turnamen yang tak berkelas. Keputusannya untuk menerjunkan pemain muda berlaga di IBL 2017 karena dirinya mau anak asuhnya itu juga merasakan jam terbang dengan turnamen berkelas tinggi.

Untuk itu, menjelang IBL 2017, Youbel berharap Ronaldo dan kapten SM Pertamina Arki Dikania Wisnu bisa latihan bersama dengan yang muda untuk berbagi pengalaman. Sejak Rabu malam (11/1), skuat SM Pertamina bersama dua pemain asing menuju Bandung untuk menjalani sparing.

Dengan adanya pemain muda lalu pemain asing yang ada di setiap klub nanti, Youbel menekankan kesiapan mental para pemain SM Pertamina. Sebab, untuk latihan sudah dilakukan sejak pemusatan di Batam beberapa waktu lalu melawan Timnas Indonesia. Youbel yakin pemain asing yang bergabung di timnya kini sudah siap menghadapi IBL.

Youbel mengakui, debutnya kali ini di IBL 2017 bukanlah hal mudah. ''Memang beban yang kami pikul juga berat. Saya diberikan tanggung jawab untuk mengincar juara tapi saya optimis dengan banyaknya dukungan dari managemen dan tim,'' ungkap Youbel.

Dia melihat persaingan IBL 2017 tentu akan lebih ketat ditambah hadirnya pemain asing pada setiap tim. Youbel berpendapat, faktor tersebut membuat semua tim menjadi memiliki peluang yang sama untuk menang. Bisa jadi, lanjut Youbel, peta kekuatan tim akan berubah dan semuanya bisa saling mengalahkan.

Sementara itu, dia tidak mempermasalahkan adaptasi pemain asing dan juga mepetnya waktu saat Jewel dan Smith  tiba di Indonesia. ''Saya rasa enggak masalah untuk kami karena semua pemain asing baru berdatangan pada pekan ini,'' tutur Youbel.

Arki menambahkan, dirinya sangat percaya dengan kekuatan tim termasuk dengan para pemain lokal yang ada saat ini. ''Saya yakin kita bisa masuk final meski tanpa pemain asing sekali pun,'' tuturnya.

Meski begitu, dia merasa nantinya suasana pertandingan akan berbeda dengan adanya pemain asing. Arki pun paham sudah menjadi tugasnya sebagai kapten untuk memastikan semua anggota bersama-sama maju.

Pemilik klub SM Pertamina Erick Thohir juga menyambut baik dengan adanya IBL 2017 lewat manajemen yang baru. Erick tak mempermasalahkan banyaknya pemain muda di tubuh SM Pertamina saat ini. Dia yakin Youbel yang kini mendapat giliran menjadi kepala pelatih bisa memberikan yang terbaik.

''Penting juga melahirkan pelatih baru. Jangan berhenti di pelatih yang dulu saja kan tidak mungkin begitu,'' ujar Erick. rep: Rahayu Subekti, ed: M Akbar

Daftar Pemain SM Pertamina 2017

Arki Dikania Wisnu (SF)
Yosua (PG)
Gunawan (SG)
Muhamad Sandy Ibrahim Aziz (SF)

Audy bagastyo Arizanugraha (PG)
Hardianus (PG)
Muhammad Dhiya'ul Haq (C)
Avan Seputra (SG)

Laurentius Steven Oei (PF)
Vamiga Michel (SF)
Kevin Yonas Argadiba Sitorus (PF)
Christian Ronaldo Sitepu (C)

Juan Laurent Kokodiputra (PF)
Muhammad Rizal Falconi (SF)
Kepala Pelatih: Youbel Sondakh
Asisten pelatih: Ismael dan Muhammad Gofar 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA