Kamis, 24 Rabiul Awwal 1441 / 21 November 2019

Kamis, 24 Rabiul Awwal 1441 / 21 November 2019

Adu Gengsi di Old Trafford

Sabtu 14 Jan 2017 17:00 WIB

Red:

''Sebuah pertandingan besar yang dinantikan.'' Demikian gambaran yang disampaikan pelatih Manchester United Jose Mourinho untuk menyambut big match Liga Primer Inggris yang akan mempertemukan dua tim identik berwarna merah, Manchester United dan Liverpool. Pertemuan keduanya akan dipanggungkan di Old Trafford, Ahad (15/1) malam WIB.

Ungkapan Mourinho itu tampaknya tidak terlalu berlebihan. Kedua tim ini sudah dikenal memiliki tradisi gelar juara yang seabrek sekaligus juga menyimpan rivalitas yang tak lekang ditelan waktu.

Bahkan, laga ini bisa saja mengubah dinamika perburuan gelar juara Liga Inggris musim ini. Tuan rumah saat ini menempati peringkat keenam dengan 39 angka. Wayne Rooney dan kawan-kawan terpaut tiga angka dari penghuni batas zona Liga Champions, Manchester City. Sedangkan, dengan pemuncak klasemen, Chelsea, MU berjarak 10 angka.

Sementara, Liverpool duduk di posisi kedua dengan poin 44 dan terpaut lima poin dari Chelsea. Hasil dari laga MU kontra Liverpool akan berpengaruh pada perebutan gelar juara karena pada saat bersamaan Chelsea akan bertarung melawan tim yang sedang menemukan jalur kebangkitan, Leicester City.

Andai Liverpool menang atas MU dan Chelsea kalah dari Leicester, maka jarak the Reds dengan the Blues akan terpangkas menjadi dua angka. Namun, sebaliknya, jika Liverpool terjungkal di Old Trafford dan Chelsea menang atas Leicester maka tim besutan Antonio Conte akan kian kokoh di puncak klasemen.

Keberhasilan MU jika mampu menjungkalkan Liverpool tentunya akan berdampak juga terhadap perubahan posisi di papan atas. Bukan tak mungkin MU bisa menyalip Arsenal di posisi kelima dan Manchester City sekaligus. Mourinho pun sangat bersemangat untuk menjamu rival abadi bagi United tersebut. MU memang sedang dalam kepercayaan diri tinggi.

Dalam 15 laga terakhir di semua ajang, pasukan Setan Merah tak pernah kalah. Sembilan kemenangan beruntun sukses direngkuh dengan enam di antaranya diraih di ajang Liga Primer Inggris.

Mourinho memastikan, demi meneruskan tren positif, kekuatan penuh akan dimainkan saat menjamu Liverpool. "Sebuah pertandingan besar yang dinantikan, kami akan mengerahkan semua yang kami punya di depan Liverpool," kata dia dikutip dari Mirror, Rabu (11/1).

Pelatih asal Portugal ini meminta seluruh penggawa MU untuk mengeluarkan seluruh kemampuan yang dipunya saat menjamu Liverpool. Tak hanya pemain, dia juga berharap sesisi Old Trafford bisa mencurahkan semangat dan gairah saat laga kontra Liverpool nanti.

Baginya, performa yang ditunjukkan oleh MU sejauh ini belum muncul semuanya. Masih ada sisi yang bisa terus dikembangkan. Dia berharap semua kekuatan penggawa MU bisa muncul di hadapan Liverpool.

Dia pun menjanjikan bomber andalan Zlatan Ibrahimovic akan dimainkan setelah beristirahat dalam dua laga terakhir saat MU melakoni laga Piala FA kontra Reading dan Piala Liga lawan Hull City. "Ibrahimovic fit dan akan dimainkan melawan Liverpool, seluruh skuat akan bersiap," kata dia.

Pelatih Liverpool Juergen Klopp sedang dibuat pusing dengan menurunnya penampilan skuat the Reds. Hasil seri pada dua laga terakhir membuat Klopp cemas.

Belum lagi, dua penggawa andalan belum tentu bisa dimainkan, yakni Daniel Sturridge dan  Philipe Coutinho. Kedua pemain masih bermasalah dengan kondisi fisik.

Kemudian satu lainnya, Sadio Mane. Striker andalan Klopp ini tak bisa bermain karena sedang memperkuat Senegal di ajang Piala Afrika. "Kami melakukan persiapan, dan saya pikir kami akan datang dengan siap ke Old Trafford," kata dia.

Pelatih asal Jerman ini menegaskan, Liverpool masih menjaga hasrat untuk terus mengejar Chelsea. Dia mengatakan, tambahan tiga poin dari kandang MU akan mengubah jalannya perebutan gelar Liga Primer Inggris. "Chelsea harus ditekan, dan jarak yang ada antara kami tak boleh terus bertambah," ujarnya.     rep: Gilang Akbar Prambadi, ed: M Akbar



Fakta menarik
- MU dan Liverpool sudah bertemu sebanyak 225 kali. Dari ratusan laga itu, MU menang 87, Liverpool 75 dan 63 laga berakhir imbang

- Mourinho dan Klopp sudah sering bertemu tim mereka masing-masing. Catatan menunjukkan, Klopp masih sedikit lebih unggul dari Mourinho dengan
koleksi tiga kemenangan dari enam pertemuan. Satu laga dimenangi Mourinho, sedangkan dua lainnya berakhir seri

- Laga nanti bisa menjadi momen indah bagi Wayne Rooney. Andai bisa membuat gol, maka dia akan menduduki peringkat pertama top skorer sepanjang masa MU melampaui Sir Bobby Charlton yang kini sama-sama mengoleksi 249 gol.

Prediksi Susunan Pemain

Manchester United

Formasi : 4-2-3-1
Kiper : De Gea
Bek tengah : Smalling dan Jones
Bek kanan : Valencia

Bek kiri : Blind
Gelandang bertahan : Carrick dan Herrera
Gelandang serang : Martial, Pogba, Mata
Striker : Ibrahimovic


Liverpool
Formasi : 4-3-3
Kiper : Mignolet
Bek tengah : Lovren dan Klavan
Bek kiri : Milner

Bek kanan : Clyne
Gelandang : Llanana, Can, Wijnaldum
Striker : Firmino, Sturridge, Origi

Empat pertemuan terakhir :

17/01/2016 Liverpool 0-1 Manchester United - Liga Primer Inggris

10/03/2016 Liverpool 2-0 Manchester United - Liga Europa

17/03/2016 Manchester United 1-1 Liverpool - Liga Europa

17/10/2016 Liverpool 0-0 Manchester United - Liga Primer Inggris

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA