Thursday, 24 Rabiul Awwal 1441 / 21 November 2019

Thursday, 24 Rabiul Awwal 1441 / 21 November 2019

Mekanisme Pengganti Surat Rusak Disiapkan

Sabtu 14 Jan 2017 14:15 WIB

Red:

JAKARTA -- Ketua KPU Provinsi Banten Agus Supriatna mengatakan, pihaknya telah mempersiapkan metode penyortiran surat suara yang rusak. Pengiriman surat suara untuk Pilkada Banten dimulai Sabtu (14/1).

Pada Sabtu, surat suara akan dikirimkan ke Kabupaten Tangerang. Setelah itu, distribusi surat suara akan dilakukan secara bertahap ke kabupaten dan kota lain. Pengiriman surat suara terakhir untuk Pilkada Banten dijadwalkan pada 23 Januari mendatang untuk Kota Serang.

"Setelah KPUD kabupaten dan kota menerima surat suara, lalu akan disortir dan diseleksi mana saja yang rusak. Seluruh jumlah kerusakan nanti dirangkum dalam berita acara dan disampaikan kepada PT Dian Rakyat selaku perusahaan pencetak surat suara," kata Agus menjelaskan ketika dikonfirmasi republika , Jumat (13/1).

Menurut dia, kerusakan pada surat suara  dapat berupa surat suara robek, berlubang, atau gambar tercetak tidak jelas. Pihaknya telah menyiapkan petugas penyortir surat suara di setiap KPUD.

Para petugas akan memeriksa, melipat, dan mengumpulkan surat suara yang rusak. Seluruh surat suara yang rusak akan dikumpulkan untuk dimusnahkan. Surat suara yang rusak akan diganti dengan cara mencetak ulang sejumlah kerusakan. Setelah dicetak, pengganti surat suara yang rusak akan disalurkan ke setiap kabupaten dan kota sesuai dengan kebutuhan.

"Untuk pemusnahan surat suara yang rusak akan dikoordinasikan dengan Bawaslu Provinsi Banten dan aparat kepolisian. Teknisnya seperti apa, akan dikoordinasikan dulu," kata Agus.     Dian Erika Nugraheny, ed: Muhammad Hafil


Pendukung Debat Dibatasi

YOGYAKARTA -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Yogyakarta membatasi jumlah pendukung yang boleh ikut ke ruangan saat debat pasangan calon (paslon) Pilkada Yogya digelar. Debat sendiri akan disiarkan secara langsung di salah satu lembaga penyiaran publik milik pemerintah pada 20 dan 27 Januari, serta 3 Februari mendatang.

Menurut Ketua KPU Kota Yogyakarta, setiap paslon hanya boleh membawa 25 pendukungnya dalam debat tersebut. "Itu pun tidak boleh ada yang meneriakan yel-yel," ujarnya, Jumat (13/1).

Selain karena keterbatasan ruangan dalam studio siaran di lembaga penyiaran publik tersebut, pembatasan juga dilakukan agar situasi debat lebih kondusif.

Diakuinya, debat dua paslon Pilkada Yogya ini juga akan direkam dan kemudian disiarkan melalui stasiun televisi milik swasta. KPU juga tengah mencermati moderator yang akan memandu setiap debat.

Tiga tema yang sudah disepakati dengan tiap pasangan calon kepala daerah adalah mengenai pembangunan Kota Yogyakarta, permasalahan yang dihadapi Kota Yogyakarta, dan tema ketiga menyangkut pelayanan publik serta kesejahteraan masyarakat.

Pilkada Kota Yogyakarta diikuti oleh dua paslon, yaitu Imam Priyono-Achmad Fadli serta Haryadi Suyuti-Heroe Poerwadi. Pasangan Imam Priyono-Achmad Fadli didukung oleh PDIP, PKB, dan Nasdem. Sedangkan, pasangan Haryadi Suyuti dan Heroe Poerwadi diusulkan oleh lima partai politik, yakni Golkar, PAN, PKS, Demokrat, dan Gerindra.      ed: Muhammad Hafil

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA