Kamis 12 Jan 2017 18:00 WIB

Penghambat Menyebarnya Sel Kanker

Red:

Penyakit keganasan yang paling banyak mengancam perempuan adalah kanker payudara. Namun, yang paling diwaspadai adalah kanker payudara triple negatif karena jenis inilah yang sulit diatasi. Saat ini diperkirakan sekitar 10-20 persen dari kasus payudara merupakan jenis triple negatif ini.

Dalam kanker payudara triple negatif, tidak didapati adanya reseptor estrogen, progesteron, ataupun HER2 pada sel-sel kanker. Hal ini membuat kanker payudara triple negatif tidak memberikan respons pada terapi yang menargetkan ketiga reseptor tersebut sehingga lebih sulit untuk diterapi.

Kelas obat yang telah disetujui untuk terapi kanker payudara jenis reseptor estrogen positif ternyata memiliki potensi lain. Obat yang dikenal sebagai inhibitor CDK 4/6 rupanya juga berpotensi menghentikan penyebaran jenis kanker payudara triple negatif.

Melalui penelitian sebelumnya, inhibitor CDK 4/6 memang tidak efektif dalam menekan pertumbuhan sel ganas dalam kanker payudara triple negatif. Namun, penelitian terbaru menunjukkan, inhibitor CDK 4/6 dapat berperan dalam menghentikan penyebaran sel kanker payudara triple negatif agar tidak menyebar ke berbagai area lain di dalam tubuh.

Hal ini diungkapkan oleh peneliti sekaligus pimpinan Women's Cancer Program di Mayo Clinic, Dr Matthew Goetz, bersama dengan tim peneliti lainnya melalui jurnal Nature Communications. Tim peneliti melakukan pengujian inhibitor CDK 4/6 pada sejumlah model kanker payudara triple negatif. Salah satu model di antaranya merupakan tikus dengan immunodefisiensi yang ditanamkan jaringan tumor manusia.

Mereka menemukan obat inhibitor CDK 4/6 secara signifikan menurunkan penyebaran sel-sel kanker ke organ-organ terdekat. Hal ini dilakukan obat tersebut dengan cara menargetkan pengobatan pada sebuah protein bernama SNAIL yang diketahui mendorong metastasis (penyebaran) kanker.

Temuan ini dinilai membawa angin segar bagi terapi kanker payudara triple negatif. Tim peneliti mengatakan, hasil temuan ini mengindikasikan, inhibitor CDK 4/6 berpotensi memberikan manfaat bagi pasien dengan jenis kanker tersebut. "Temuan ini dapat memberikan sebuah terapi baru untuk pencegahan metastasis kanker," kata Goetz seperti dilansir Medical News Today, belum lama ini.

Menurutnya, saat ini Mayo Clinic sedang mengembangkan penelitian dengan fokus pada peranan inhibitor CDK 4/6. Goetz mengatakan, penelitian ini juga mengamati potensi inhibitor CDK 4/6 dalam menghentikan metastasis kanker pada perempuan dengan kasus kanker payudara triple negatif. "Fokus penelitian diarahkan ke sana, karena kasus kanker payudara triple negatif memiliki risiko tertinggi untuk metastasis kanker," ungkap Goetz.

Saat ini inhibitor CDK 4/6 sudah disetujui penggunaannya untuk terapi kanker payudara jenis reseptor estrogen positif (ER-positive). Selain itu, penggunaan inhibitor CDK 4/6 juga sudah disetujui penggunaannya dalam terapi kanker payudara HER2-positive.      rep: Adysha Citra Ramadani, ed: Dewi Mardiani

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement