Friday, 4 Rajab 1441 / 28 February 2020

Friday, 4 Rajab 1441 / 28 February 2020

Eksekutif Volkswagen Ditangkap FBI Terkait Kecurangan Emisi

Rabu 11 Jan 2017 09:59 WIB

Rep: Rossi Handayani/ Red: Winda Destiana Putri

VW

VW

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Seorang eksekutif Volkswagen telah ditangkap oleh FBI di Florida atas keterlibatannya dengan skandal emisi diesel. Eksekutif yang bersangkutan, Oliver Schmidt, bertindak sebagai manajer emisi kepatuhan untuk Volkswagen di Amerika Serikat dan ditangkap pada Jumat (6/1) atas konspirasi untuk menipu Amerika Serikat.

Schmidt dituduh memainkan peran kunci, dalam memastikan regulator Amerika Serikat tidak mengetahui tentang kecurangan emisi merek Jerman ini. The New York Times melaporkan bahwa Schmidt mencoba untuk meyakinkan regulator, bahwa emisi kelebihan model diesel yang diproduksi oleh masalah teknis. Tak lama setelah studi 2014 dari West Virginia University yang mengangkat kekhawatiran tentang mesin.

Dalam sebuah pernyataan tertulis oleh agen FBI Ian Dinsmore, Schmidt dituduh menawarkan alasan untuk perbedaan fakta bahwa VW sengaja melakukan kecurangan pada tes emisi AS. Memungkinkan VW terus menjual kendaraan diesel di Amerika Serikat.

Penangkapan Schmidt datang sebagai penyelidikan awal kriminal emisi yang dilakukan Volkswagen, setelah produsen mobil setuju untuk membayar lebih dari 15 miliar dolar Amerika Serikat sebagai kompensasi kepada pemilik yang terkena dampak.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA