Selasa 10 Jan 2017 15:00 WIB

Berguru pada Mainan

Red:

Belajar coding kini semakin mudah untuk anak-anak. Sebab, WowWee Robotics dan Sesame Workshop tengah mengembangkan Elmoji Coding Robot.

Sesame Workshop merupakan organisasi nonprofit yang berada di bawah naungan Sesame Street. Oleh karena itu, tak heran bila robot menyerupai Iron Man berwarna merah tersebut memiliki layar wajah bergambar Elmo. "Robot ini bukan mengajarkan anak untuk membuat robot yang bisa membuka pintu, tapi memperkenalkan mereka kemampuan dan program dari cara berpikir pemrograman," kata Director WowWee Matt Wight dilansir melalui Roboticstrends.com.

Elmoji mengajarkan anak-anak mengenai programming dasar menggunakan bahasa dari emoji visual. Robot yang satu ini bisa dimainkan anak mulai dari usia tiga tahun.

Karakter Elmo dan emoji lainnya dioperasikan melalui aplikasi. Aplikasi tersebut mudah digunakan bagi anak yang baru mulai dan tengah belajar membaca.

Pengetahuan dasar programming akan diberikan dalam bentuk permainan sederhana. Anak-anak harus mengontrol programming tersebut dengan memperhatikan reaksi emosional dari robot Elmoji.

Apabila bermain dengan benar, Elmoji akan mengeluarkan berbagai macam reaksi, seperti menari, menggoyangkan tubuhnya, hingga mengeluarkan berbagai macam suara. Layar yang berfungsi sebagai wajahnya juga akan menunjukkan berbagai macam reaksi dengan mengeluarkan lampu LED berwarna-warni.

Robot ini pertama kali diperkenalkan pada ajang CES 2017 di Las Vegas, Nevada, Amerika Serikat. Rencananya, produk ini akan dijual secara global pada kuartal ketiga dan empat tahun ini, tapi belum ada informasi mengenai ketersediaan dan harganya.      rep: Nora Azizah, ed: Setyanavidita Livikacansera 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement