Home > Ojk > Ojk
Senin , 05 Jun 2017, 06:12 WIB

Mau Bisa Jajan Terus Meski Sudah tidak Bekerja? Ini Caranya

Red: Dwi Murdaningsih
Antara
Seorang pengunjung memilih pakaian yang didiskon jelang Lebaran di salah satu pusat perbelanjaan Jakarta.
Seorang pengunjung memilih pakaian yang didiskon jelang Lebaran di salah satu pusat perbelanjaan Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Setiap mengunjungi mal dan ada diskon besar, pasti Anda gatel ingin belanja. Tapi, sayang isi dompet yang tersisa tinggal beberapa lembar uang saja. Lalu, bagaimana caranya supaya tetap bisa belanja bahkan ketika sudah tidak produktif bekerja lagi?

Para perencana keuangan banyak yang mengatakan bahwa ada masanya ketika keinginan konsumtif berhenti begitu saja. Namun, jika inginnya konsumtif terus, maka harus ada yang disisihkan dari sekarang. Seperti cinta yang kadang butuh pengorbanan, untuk bisa jadi konsumtif selamanya, Anda juga harus berkorban.

Demi bisa konsumtif selamanya, maka uang harus dibuat produktif, jadi bisa jajan sampai kapanpun. Caranya adalah uang harus diinvestasikan sehingga bisa mengalahkan inflasi. Segera berinvestasi sekarang, jangan ditunda. Karena jika menunggu besok, bisa-bisa rencana investasi akan batal.

Dengan berinvestasi, maka dapat membawa kepada kebebasan finansial. Maksudnya kebebasan finansial adalah bahwa bekerja atau tidak, uang sudah bekerja untuk kita. Banyak pakar saham yang duduk saja di rumah, melakukan trading, kerja santai, tapi pada dasarnya uangnya bekerja untuk dia.

Namun, kalau kamu masih suka deg-degan untuk langsung berinvestasi di saham, Anda bisa memulai dulu dengan mencoba berinvestasi di reksa dana saham. Anda bisa berinvestasi mulai dari Rp 100 ribu.

Saat memilih untuk berinvestasi, kamu juga harus mempelajari dulu instrumen investasinya, ya. Setiap investasi pasti ada risiko. Begitu pula di reksa dana berbasis saham, yang kadangkala nilainya naik turun. Kalau itu terjadi, maka kita jangan panik. Memang ada naik turunnya, tapi kita tidak boleh gampang panik karena kita kan sudah tahu untuk tujuan apa investasinya dan kapan dananya mau dipakai. Investasi di saham atau reksa dana syariah memang untuk tujuan jangka panjang.

Mau belajar investasi syariah di pasar modal? Follow sosmed pasar modal syariah sbb:

Website: www.akucintakeuangansyariah.com
Fanpage FB: @pasar modal syariah
Twitter: @acekaes
Instagram : @pasar_modal_syariah
Whatsapp Grup : 081807882602
Telegram : @PasarModalSyariah