Sunday, 11 Rabiul Akhir 1441 / 08 December 2019

Sunday, 11 Rabiul Akhir 1441 / 08 December 2019

Perpustakaan Keliling Depok akan Ada di 300 Lokasi

Rabu 04 Jan 2017 14:46 WIB

Rep: Rusdi Nurdiansyah/ Red: Dwi Murdaningsih

 Sejumlah anak-anak membaca buku di perpustakaan keliling sahabat anak di Kampung Melayu, Jatinegara, Jakarta, Senin (28/11).

Sejumlah anak-anak membaca buku di perpustakaan keliling sahabat anak di Kampung Melayu, Jatinegara, Jakarta, Senin (28/11).

Foto: Republika/Prayogi

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Untuk memasyarakatkan minat baca warga Kota Depok, layanan perpustakaan keliling, Perpustakaan Umum Depok masih menjadi prioritas dalam program Pemerintah Kota (Pemkot) Depok 2017. Layanan Perpustakaan Keliling, Perpustakaan Umum Depok ini akan menyasar warga di 11 kecamatan dan 63 kelurahan se-Kota Depok dengan target 300 lokasi kunjungan.

Plt Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Depok, Asep Roswanda mengatakan, saat ini ada tiga mobil perpustakaan keliling yang dimiliki Perpustakaan Umum Pemkot Depok. Ketiga mobil ini bertugas keliling Kota Depok dengan menyasar kelurahan dan sekolah-sekolah.

"Kami ada program perpustakaan keliling daerah, ke mall, pusat keramaian, pasar, sekolah, car free day setiap hari Minggu di Grand Depok City. Warga bisa baca tanpa harus datang ke Perpustakaan Umum yang ada di Balaikota Depok," ujar Asep di Perpustakaan Umum Balaikota Depok, Rabu (4/1).

Asep mengutarakan, jumlah mobil perpustakaan keliling saat ini masih kurang sehingga dirasa masih butuh untuk ditambah lagi. Terlebih melihat perkembangan warga Kota Depok yang semakin pesat. Ketiga kendaraan itu, sehari-hari tidak hanya mengunjungi sekolah-sekolah negeri di Depok, tapi juga sekolah swasta menjadi sasarannya. Termasuk juga lembaga pendidikan anak-anak usia dini.

"Tahun 2016 yang lalu kami sudah melayani sampai 240 titik. Untuk target tahun ini mudah-mudahan bisa mencapai 300 titik. Biasanya kami bulan Ramadan libur keliling, kemudian 11 bulan lainnya kami manfaatkan untuk mengunjungi 11 kecamatan yang ada," tuturnya.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA