Senin 02 Jan 2017 12:25 WIB

Goresan Kuas Seniman dapat Beri Petunjuk Penyakit Otak

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Winda Destiana Putri
Otak (Ilustrasi)
Foto: Google
Otak (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Karya dari seorang seniman dapat mengungkapkan gejala awal dari penyakit otak yang progresif. Hal ini diketahui melalui sebuah penelitian yang melibatkan sekitar 2.100 lukisan dari tujuh seniman terkenal.

Tujuh seniman yang karyanya dianalisa dalam penelitian ini ialah Salvador Dali, Norval Morrisseau, James Brooks, Willem de Kooning, Marc Chagall, Pablo Picasso dan Claude Monet. Dua seniman Salvador Dali dan Norval Morrisseau diketahui menderita penyakit Parkinson. Dua seniman lainnya, James Brooks dan Willem de Kooning, diketahui menderita penyakit Alzheimer. Sedangkan tiga seniman lainnya yaitu

Dalam penelitian tersebut, tim peneliti dari Univeristy of Liverpool di Inggris menganalisa goresan-goresan kuas dari para seniman dalam karya mereka. Hasil penelitian menunjukkan adanya pola yang jelas pada lukisan dari seniman-seniman Marc Chagall, Pablo Picasso dan Claude Monet diketahui tidak menderita gangguan neurodegeneratif.

"Seni telah lama diakui oleh para psikolog sebagai metode efektif dalam meningkatkan kualitas hidup bagi mereka yang hidup dengan gangguan kognitif," kata peneliti sekaligus dosen senior dan direktur dari studi psikologi terapan di University of Liverpool, Alex Forsythe, seperti dilansir Medline Plus.

Melalui hasil penelitian yang diterbitkan pada jurlan Neuropsychology ini, Forsythe menjelaskan bahwa ia dan timnya untuk menenganalisa 'tulisan tangan' para seniman melalui hubungan individual para seniman ini dengan kuas dan lukisan. Proses ini, terang Forsythe, menawarkan potensi terhadap deteksi masalah neurologis yang muncul. "Proses ini menawarkan potensi dalam mendeteksi masalah neurologis yang timbul," kata Forsythe.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement