Jumat 30 Dec 2016 06:24 WIB

Jelang Akhir Tahun, 5 Mobil MPV Ini Masih Jadi Pilihan

Rep: Rossi Handayani/ Red: Winda Destiana Putri
Toyota All New Kijang Innova
Foto: Toyota Astra Motor
Toyota All New Kijang Innova

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menjelang akhir 2016, sejumlah mobil masih menjadi pilihan konsumen di tanah air. Segmen yang paling mendominasi memang begitu melekat dengan keluarga Indonesia, mobil dengan ruang yang cukup luas dengan kapasitas tujuh penumpang, menjadi pilihan favorit bagi para konsumen.

Ya, mobil Multi Purpose Vehicle (MPV) menjadi yang paling unggul hingga November 2016. Berdasarakan data dari asosiasi kendaraan bermotor di Indonesia, Gaikindo, sampai dengan November Wholesales 2016 kendaraan penumpang dan komersial secara total sudah melampaui sampai November 2015. Secara total, penjualan kendaraan Januari-November 2016 sebanyak 974.972 unit, sedangkan pada tahun lalu dengan periode yang sama 940.027 unit.

Dari berbagai Agen Pemegang Merek (APM), mobil-mobil yang paling banyak terjual berada di segmen MPV. Berikut sebagian besar kendaraan yang telah banyak terjual dari masing-masing merek mobil:

Toyota Avanza

Dari awal tahun hingga November 2016, penjualan yang masih mendominasi APM PT Toyota Astra Motor (TAM) yakni Avanza. Mobil ini telah terjual hingga 112.941 unit.

TAM merilis generasi pertama Low Multi Purpose Vehicle (LMPV) Avanza berpenumpang tujuh orang pada akhir 2003, dan generasi kedua diluncurkan pada awal 2011. Sejak diluncurkan pertama kali hingga September 2014, total penjualan Avanza telah mencapai 1.233.210 unit.

Salah satu hal yang membuat Toyota Avanza diminati oleh masyarakat adalah iritnya bahan bakar, kemewahan, dan keeleganan yang ditawarkan pada sisi interior, maupun eksterior. Selain itu, Avanza memiliki keunggulan yang tidak dimiliki beberapa jenis mobil lain yang juga menyandang sebutan mobil low MPV.

Toyota Innova

Segmen MPV Toyota yang juga banyak terjual hingga November 2016 adalah Innova. Mobil dengan tujuh penumpang ini, sukses meraih hati masyrakat Indonesia dengan total penjualan hingga 53.279 unit.

Sebelumnya Toyota menghadirkan generasi terbaru Innova dalam tiga pilihan tipe, yaitu G, V, dan Q pada 2015 lalu. Tipe J dan E sengaja dihapus karena melihat kecenderungan pengguna Innova selama ini. Masing-masing tipe hadir dengan pilihan mesin bensin dan diesel serta pilihan transmisi automatik dan manual. Untuk harga, tipe terendah dilepas dengan banderol Rp 282 juta dan Rp 423,8 juta untuk tipe tertinggi.

Daihatsu Xenia

Segmen LMPV lainnya juga hadir dari Daihatsu, mobil ini disebut kembaran dari Toyota Avanza, adalah Xenia. Hingga November, Xenia menyumbang penjualan tertinggi dari Daihatsu mencapai 41.326 unit.

Sebelumnya PT Astra Daihatsu Motor (ADM) telah menghadirkan Great New Xenia yang merupakan generasi ketiga, dari Daihatsu Xenia dengan tiga perubahan dibandingkan pendahulunya pada 2015 lalu. Great New Xenia hadir dengan 11 varian, yakni 1.0 D (MT), 1.0 M (MT), 1.0 M Deluxe (MT) 1.3 X (dua varian MT dan AT), 1.3 X Deluxe (dua varian MT dan AT), 1.3 R (dua varian MT dan AT), 1.3 R Sporty (dua varian MT dan AT).

Honda Mobilio

Segmen MPV lainnya juga hadir dari PT Honda Prospect Motor (HPM), yakni Mobilio. Segmen MPV memang tidak menjadi yang paling unggul di penjualan Honda hingga November ini, namun tertinggi ada pada Sport Utility Vehicle (SUV), H-RV dan BR-V. Akan tetapi, penjualan Mobilio menempati urutan ketiga sebesar 37.466 unit.

Di awal tahun ini, HPM telah menghadirkan perubahan pada salah satu produknya yang terdepan, yakni New Honda Mobilio. New Honda Mobilio mengalami perubahan di eksterior dan interior. Dengan tampilannya yang segar, New Honda Mobilio akan menegaskan posisinya di segmen Low Multi Purpose Vehicle (LMPV). Segmen ini masih menjadi segmen terbesar di Indonesia.

Suzuki Ertiga

PT Suzuki Indomobil Motor juga memiliki mobil di segmen MPV yang tak kalah menariknya. Ya, mobil Ertiga sudah banyak menghiasi jalan-jalan di Indonesia. Berdasarkan data dari Gaikindo, penjualan dari Januari hingga November telah mencapai 28.721 unit.

Sebelumnya Suzuki resmi mengenalkan New Ertiga di Gaikindo Indonesia International Motor Show (GIIAS) pada 2015 lalu. Salah satu perubahan yang menonjol, aksen chrome pada pintu belakang dan detail lampu kombinasi belakang.

Suzuki Motor Corporation menyatakan, Ertiga merupakan model yang diciptakan sesuai dengan kebutuhan pasar Indonesia. Model ini  mendulang sukses besar bagi Suzuki sejak diluncurkan pada 2012.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement