Thursday, 11 Rabiul Akhir 1442 / 26 November 2020

Thursday, 11 Rabiul Akhir 1442 / 26 November 2020

Rekomendasi Wisata Alam Seru di Semarang

Sabtu 24 Dec 2016 12:48 WIB

Rep: Gita Amanda/ Red: Dwi Murdaningsih

Curug Benowo

Curug Benowo

Foto: Exploresemarang.com

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Semarang tak hanya terkenal dengan wisata sejarahnya. Ibu kota Jawa Tengah ini juga memiliki banyak tempat wisata alam seru bagi mereka yang suka berpetualang.

Mulai dari pantai yang eksotik hingga air terjun yang indah, membuat Kota Semarang jadi tujuan wisata para pelancong dari berbagai kota. Berikut tiga tempat petualangan seru yang patut dijajal di Semarang:

Pantai Tirang
Jika menyebut pantai di Semarang, pasti banyak yang menyarankan Pantai Maron. Padahal di sebelah pantai tersebut ada sebuah pantai indah lain yang belum banyak didatangi wisatawan. Namanya Pantai Tirang.

Pantai Tirang berada di Kelurahan Tambak Harjo, Tugu, Semarang. Lokasinya hanya terpisahkan oleh muara Sungai Silandak dengan Pantai Maron. Pantai ini tampak eksotik dengan jajaran pohon mangrove yang menghiasi.

Tak hanya deretan pohon mangrove, di pantai seluas 240 hektar ini juga pengunjung bisa menikmati keindahan beragam jenis terumbu karang hidup. Mereka yang hobi memancing juga bisa menyalurkan kegemaran mereka di sini.

Di sore hari, menjelang senja, Pantai Tirang menjadi spot paling menawan untuk menyaksikan matahari tenggelam. Di pantai ini pengunjung juga disuguhkan pemandangan beragam kegiatan para nelayan yang sedang membudidayakan rumput laut.

Brown Canyon
Jika Amerika memiliki Grand Canyon dan Sukabumi memiliki Green Canyon, maka Semarang tak mau kalah dengan obyek wisata Brown Canyonnya. Brown Canyon awalnya bukan tempat wisata.  Perbukitan di daerah Rowosari Meteseh Tembalang, Semarang, ini merupakan bukit biasa. Namun karena adanya penambangan selama bertahun-tahun, membuat bukit ini berwujud seperti Grand Canyon.

Tebing-tebing tinggi menjulang berpadu pepohonan di puncak-puncaknya, menjadikan bukit ini memiliki magnet khusus bagi pecinta fotografi. Tak mudah mencapai lokasi ini, pengunjung harus rela "berebut" jalan dengan truk-truk pengangkut bahan tambang.

Brown Canyon masih menjadi tempat penambangan aktif. Untuk datang ke lokasi ini usahakan bukan pada saat jam kerja. Jangan lupa membawa masker dan kacamata agar tak terkena debu dari penambangan.

Curug Benowo
Curug Benowo merupakan wisata air terjun di kawasan lereng Gunung Ungaran, Semarang. Lokasinya yang sulit dijangkau, menjadikan tempat wisata ini tak banyak tersentuh tangan-tangan jahil manusia.

Tak heran, kawasan curug ini masih tampak benar-benar alami. Curug satu ini sangat direkomendasikan bagi para wisatawan yang gemar akan alam bebas.

Perlu berjalan selama kurang lebih dua jam dari tempat terakhir kendaraan di parkir menuju curug. Jika kesulitan tak perlu ragu meminta bantuan panduan jalan pada penduduk setempat.

Selain tiga tempat wisata yang telah disebutkan, ada banyak lagi tempat wisata unik dan menarik di Semarang. Untuk mulai petualangan di Semarang, jangan lupa untuk memesan terlebih dahulu hotel sebagai tempat beristirahat setelah beraktivitas.

Saat ini tak perlu repot melakukan pemesanan, Airy Rooms menawarkan kemudahan pemesanan melalui aplikasi Android dan Apple Store. Anda juga bisa reservasi lewat situs www.airyrooms.com atau melalui layanan konsumen di 0804-111-2479 (fix line) dan 0812-8070-0020 (WhatsApp). Untuk pembayarannya pun sangat mudah, bisa melalui transfer rekening antar bank, atau pun kartu kredit.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA