Tuesday, 16 Safar 1441 / 15 October 2019

Tuesday, 16 Safar 1441 / 15 October 2019

"Bumi Inspirasi Mengajar" Cetak Generasi Muda Peduli Lingkungan

Senin 12 Dec 2016 21:13 WIB

Red: Hazliansyah

Pelatihan relawan Bumi Inspirasi Mengajar

Pelatihan relawan Bumi Inspirasi Mengajar

Foto: Bumi Inspirasi Mengajar

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Sampah masih menjadi salah satu permasalahan serius di masyarakat. Tidak hanya memiliki efek negatif terhadap lingkungan, keberadaan sampah yang tidak dikelola dengan baik juga akan berdampak pada kesehatan.

Diperlukan pemahaman dan kesadaran cinta lingkungan, terutama bagi generasi muda agar terciptanya kehidupan yang bersih dan sehat dengan pengelolaan sampah yang baik.

Hal inilah yang coba dijalankan Bumi Inspirasi Learning Center melalui projek sosialnya "Bumi Inspirasi Mengajar". Kegiatan ini akan melibatkan para relawan yang akan berbagi ilmu mengenai cara mengelola sampah yang akan dilaksanakan secara serentak di berbagi sekolah di Bandung mulai 14 hingga 16 Desember 2016.

"Para relawan ini akan menularkan rasa peduli terhadap lingkungan, dimulai dari sekolah sehingga diharapkan akan merangsang tumbuhnya jiwa cinta lingkungan pada diri siswa tersebut dan akan menjadi agen perubahan terkait sampah, khususnya di sekolah dan daerah tempat tinggal masing-masing," seperti dikutip dari keterangan tertulis "Bumi Inspirasi Mengajar", Senin (12/12).

Secara khusus diharapkan program ini nantinya dapat menjadi wahana bagi generasi muda untuk berkegiatan positif dan berbagi ilmu mengenai sampah. Selanjutnya mengajak anak-anak untuk membudayakan perilaku pilah sampah sejak dini dengan cara yang menyenangkan.    

Selain itu juga menyadarkan dan mengajak anak agar memanfaatkan sampah yang masih dapat digunakan, mengubah pola pikir anak tentang pemahaman akan sampah menjadi bahan yang dapat bernilai ekonomis, meningkatkan kreatifitas anak dalam mendaur ulang sampah. Dan juga diharapkan dapat mengajak anak lainnya untuk menjadi Guardians of The Earth yang menyebarkan virus cinta lingkungan.

Sementara bagi para relawan, "Bumi Inspirasi Mengajar" diharapkan dapat memberikan pengalaman mengajar dan belajar di depan kelas sebagai bentuk kontribusi serta pengorbanan yang nyata terhadap perbaikan masa depan bangsa dan juga membangun sensitivitas para relawan terhadap realitas kurangnya kesadaran para siswa-siswa mengenai perilaku ramah lingkungan.

Sebelum terjun langsung dalam kegiatan, pada Sabtu (10/12) lalu relawan muda yang lolos seleksi diberi pelatihan terkait public speaking sehingga siap untuk membawakan materi pada kurang lebih 15 sekolah yang di Kota Bandung.

Diharapkan para relawan akan siap berbagi inspirasi dengan para murid-murid di sekolah terkait Edukasi Ramah Lingkungan yang akan dibawakan dalam bentuk story telling, games terkait waste education dan recycle is fun.  

"Melalui langkah kecil dari kegiatan Bumi Inspirasi Mengajar, diharapkan dapat menjadi langkah awal untuk kemajuan dan perbaikan pendidikan lingkungan hidup di Indonesia."

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA