Tuesday, 19 Zulhijjah 1440 / 20 August 2019

Tuesday, 19 Zulhijjah 1440 / 20 August 2019

Program Rumah Kreatif BUMN Ditarget Kembangkan UMKM

Ahad 11 Dec 2016 16:33 WIB

Red: Nur Aini

Menteri BUMN, Rini Sumarno

Menteri BUMN, Rini Sumarno

Foto: Republika/Agung Supriyanto

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Menteri Badan Usaha Milik Negara Rini Soemarno mengatakan program Rumah Kreatif BUMN diharapkan dapat membantu masyarakat pelaku usaha mikro kecil menengah di daerahnya masing-masing.

"Kami berharap RKB yang sudah dilakukan oleh Bank BRI, BNI, PT Telkom betul-betul dapat membantu masyarakat UMKM di daerahnya masing-masing," kata Rini Soemarno usai meresmikan RKB Bank BRI di Solo, Ahad (11/12).

Rini Soemarno mengatakan pihaknya mengapresiasi dengan diluncurkan RKB di Solo dengan dukungan BRI. RKB ini, sebuah pemikiran inisiatif baru dari Kementerian BUMN untuk membuat program total yang bersinergi secara penuh.

Menurut Rini, misalnya PT Telkom yang membawahi bisnis bidang komunikasi, sehingga ada situs blanja.com, dan konektifitas wifi. Sedangkan perbankan bisa mengindentifikasi persoalan untuk mendorong UMKM agar maju usahanya.

Menurut Rini, seperti yang dikatakan oleh Direktur Bank BRI Asmawi Syam, ada sebanyak 45 juta UKM antara 10 hingga 15 tahun mereka masih mikro, sehingga bagaimana cara menaikkan mereka tumbuh dari mikro ke menengah. Menurut Rini, Rumah Kreatif BUMN bertujuan memberikan wadah untuk bisa mendorong UKM-UKM yang sudah ada dapat tumbuh atau naik kelas, dan UKM baru juga bisa masuk. "Saya sangat bangga Bank BRI termasuk kreatif dengan rumah-rumah kreatifnya, karena pelatihannya sudah jalan, banyak UMKM yang terdaftar ikut di RKB ini," kata Rini.

Menurut dia, RKB untuk Bank BRI selama satu bulan program berjalan sudah mendirikan 17 RKB yang tersebar di Indonesia. Targetnya hingga akhir 2016 ini, ada 100 RKB termasuk untuk BNI 15 RKB, BTN (10), Bank Mandiri (15), ditambah PLN, Pertamina, dan Telkom. "Kami berharap 2017 hingga akhir tahun, target sebanyak 514 RKB sudah berdiri di setiap kabupaten dan kota di seluruh Indonesia untuk membantu masyarakat UKM di daerahnya," kata Rini.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA