Monday, 19 Rabiul Akhir 1441 / 16 December 2019

Monday, 19 Rabiul Akhir 1441 / 16 December 2019

Oman Ingin Menjadi Tujuan Utama Pariwisata Halal Dunia

Rabu 07 Dec 2016 14:33 WIB

Rep: Marniati/ Red: Winda Destiana Putri

Bendera oman

Bendera oman

Foto: Istimewa

REPUBLIKA.CO.ID, MUSKAT -- Dalam beberapa tahun terakhir telah terjadi lonjakan dalam industri pariwisata halal di Oman. Sebagai bagian dari Strategi Pembangunan Pariwisata 2040 Oman menargetkan menjadi negara tujuan utama untuk pariwisata halal di kawasan Teluk dan dunia.

Baru-baru ini, industri pariwisata halal Oman merilis Travel Halal 2016 yang menyediakan kebutuhan dan layanan bagi wisatawan Muslim. "Kami melihat pasar Oman sebagai salah satu pasar kunci di GCC (Dewan Kerjasama Teluk). Industri pariwisata Oman diperkirakan akan tumbuh terus selama lima tahun ke depan dengan kedatangan wisatawan diperkirakan akan meningkat setiap tahunnya dari berbagai negara sebagai koneksi wisata ditingkatkan dan pelarangan visa dikurangi," ujar Managing Director Amadeus Gulf, Graham Nichols seperti dilansir Zawya (7/12).

Ia menejelaskan, sementara jumlah wisatawan mengalami peningkatan namun motivasi wisatawan untuk mengunjungi Oman tetap relatif statis selama lima tahun terakhir. Rata-rata, sekitar sepertiga dari wisatawan datang ke Oman untuk bersantai dan rekreasi, sementara sekitar 39 persen lainnya untuk mengunjungi teman atau kerabat. Dan sisanya berkunjung untuk keperluan bisnis. Industri pariwisata halal memang sedang mengalami perkembangan di dunia termasuk Oman. Dia menambahkan Oman memiliki sejumlah situs sejarah sehingga menjadi nilai tambahan untuk ekspansi pariwisata.

Hotel di Oman secara bertahap mulai mengakomodir kepentingan wisatawan. Seperti katering dan tempat-tempat yang memberikan kenyamanan bagi wisatawan. Coral Muscat Hotel dan Apartemen, merupakan salah satu hotel bintang empat  yang baru dibuka pada tahun ini. Pada tahun 2010, hotel bintang lima pertama yang ramah untuk wisatawan Muslim yaitu The Platinum. Hotel ini dibuka untuk mengikiuti tren yang sedang berkembang menuju pariwisata halal. Demikian pula, Grand Millennium Muscat, sebuah hotel mewah telah berkembang cukup baik untuk mengakomodir kebutuhan wisatawan. Amadeus Gulf diarahkan untuk mendukung pasar wisata Oman dengan produk dan layanan yang inovati. 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA