Selasa 06 Dec 2016 14:18 WIB

Fakultas Teknik UMJ Implementasikan IT untuk Pendidikan

Fakultas Teknik UMJ mengimplementasikan Google Apps For Education
Foto: UMJ
Fakultas Teknik UMJ mengimplementasikan Google Apps For Education

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) mengimplementasikan Google Apps For Educatioan Education (GAFE) untuk mendukung Standar Komunikasi Civitas Akademik. Google Education merupakan serangkaian alat produktivitas komputasi awan dan perangkat lunak kolaborasi yang di dukung Perusahaan Internet Google.

Wakil Dekan Bidang Akademik Fakultas Teknik UMJ Tri Yuni Hendrawati mengatakan di UMJ, Google Education dimanfaatkan untuk menghubungkan segala aktifitas yang terkait belajar mengajar mahasiswa, dosen dan karyawan dalam satu komunitas online. Fasilitas Teknologi Informasi dan Komunikasi yang di terapkan secara online meliputi 8 fasilitas penggunaan yang meliputi surat elektronik (email), media penyimpanan (drive), pengolah kata (docs), pengolahan angka (sheets), presentasi (slide), pengaturan jadwal (kalender), teleconference (hangouts) dan pembelajaran elektronik (classroom).

Menurut Kepala Pusat Komputer dan Teknologi Informasi Hendra, bagi Civitas Akademika yang ingin menggunakan fasilitas ini harus mengaktifkan [email protected] terlebih dahulu dengan password standar. “Untuk mahasiswa alamat email standar menggunakan [email protected], sedangkan dosen dan karyawan menggunakan [email protected]”, kata dia.

Surat elektronik yang terintegrasi dengan Google Education ini sudah dilindungi terhadap spam, penelusuran yang optimal, dan kalender dari Gmail, membantu menyelesaikan lebih banyak pekerjaan, tanpa iklan sama sekali dan kapasitas sebesar 7 Giga Byte.

Beberapa fungsi fasilitas selain yang tersebut diatas terlihat pada penggunaan media penyimpanan file pekerjaan yang dapat di simpan di dalam Drive Online. Akses terhadap file dari perangkat Teknologi Informasi dan Komunikasi seperti handphone, tablet, laptop dan komputer dapat dibagikan dalam sekejap.

Tidak perlu lagi mengirimkan lampiran atau menggabungkan berbagai versi dokumen. Kapasitas yang disediakan sekitar 1 Tera Byte. Hal ini memudahkan Mahasiswa, Dosen dan Karyawan berbagi tugas kuliah atau pekerjaan.

Pemanfaatan Slide Power point menjadi media program untuk menampilkan presentasi dan informasi dimuka umum dilingkungan Fakultas Teknik UMJ. Slide Show kerja power point tersebut menampilkan slide-slide berisi materi informasi gambar, grafik, dan lain sebagainya untuk membantu civitas akademika mendapatkan informasi. Slide Show di tampilkan pada Monitor TV dilingkungan Fakultas dan di dalam jaringan internet pada saat mahasiswa, dosen dan karyawan login mengakses jaringan hotspot.

Informasi jadwal kuliah juga dapat di ketahui secara online melalui handphone android yang sudah terintegrasi dengan [email protected]. Jadwal kuliah dan kegiatan akademik di kirimkan secara berkala melalui email broadcast, termasuk bila ada dosen yang berhalangan hadir mengajar. Hal ini tentunya membuat civitas akademika tidak akan ketinggalan informasi dan memberikan wawasan yang luas dan cepat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement