Selasa, 22 Rabiul Awwal 1441 / 19 November 2019

Selasa, 22 Rabiul Awwal 1441 / 19 November 2019

Indonesia Dorong Efektivitas Dana Pembangunan

Kamis 01 Des 2016 13:07 WIB

Red: Dwi Murdaningsih

Rofi Munawar

Rofi Munawar

Foto: dok : Humas FPKS DPR RI

REPUBLIKA.CO.ID,NAIROBI -- Indonesia mendukung pembangunan berkelanjutan. Agenda Pembangunan Berkelanjutan sebagai agenda global dapat terwujud secara efektif hanya dengan kerjasama seluruh pihak, mulai dari parlemen, pemerintah, dan Civil Society Organization (CSO), hingga aktor-aktor internasional seperti Perserikatan Bangsa-Bangsa dan lembaga donor.

Demikian tema yang diusung dalam 'Parliamentary Forum at the Second High Level Meeting of Global Partnership for Effective Development Cooperation'. Forum ini digelar oleh Inter-Parliamentary Union (IPU) dan Global Partnership, Selasa (29/11) bertempat di Nairobi, Kenya.
 
Pada Perhelatan Tingkat Tinggi Parlemen tersebut, Ketua Delegasi Republik Indonesia yang juga merupakan Wakil Ketua Badan Kerjasama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI Rofi Munawar menyebutkan, selama ini Indonesia telah berperan aktif dalam banyak forum dan terlibat dalam mekanisme global dan dialog tentang efektivitas dana pembangunan di kawasan.
 
“Indonesia adalah negara penandatangan Paris Declaration on Aid Effectiveness, dan negara pengampu the Jakarta Commitment for Aid Effectiveness pada tahun 2009,” ucapnya.
 
Delegasi DPR RI untuk forum ini adalah Nazaruddin Kiemas dan Achmad Farial dari Komisi VII, Ferry Kase dari Komisi XI, dan Zainudin Amali dari Komisi I. Rofi menekankan perlunya konektivitas yang kuat antara Parlemen dan pemerintah.

“Di beberapa negara, masih ada ketimpangan antara kebijakan yang dikeluarkan oleh parlemen dan eksekusi implementasi kebijakan tersebut di lapangan,” ujarnya.
 
Di hadapan anggota Parlemen mancanegara, Anggota Komisi VII DPR RI itu dengan tegas menyuarakan bahwa pemetaan SDGs harus dilakukan secara komprehensif. Rofi Munawar juga berbagi praktik terbaik Parlemen Indonesia dalam mendorong SDGs.

“Praktik terbaik dalam hal efektivitas dana pembangunan dan pengawasan Parlemen di Indonesia adalah bahwa DPR RI telah mendirikan Panitia Kerja (Panja) yang secara khusus menangani Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs),” ujarnya.
 
Panja SDGs DPR RI dibentuk dengan tujuan untuk membantu perwujudan dan pencapaian seluruh target SDGs dengan meningkatkan kesadaran para anggota parlemen terkait isu-isu, memonitor pencapaian target SDGs serta memberikan saran dan memperjuangkan anggaran dan legislasi untuk mencapai tujuan-tujuan yang ada di dalam SDGs. Ia menambahkan Panja SDGs juga memiliki peran sebagai gerbang diplomasi parlemen dan focal point DPR RI dalam berbagai kerjasama internasional mengenai SDGs.

Sumber : pemberitaan DPR
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 
 
Terpopuler