Rabu 30 Nov 2016 10:55 WIB

Makna Tersembunyi di Balik Cara Jalan Seseorang

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Andi Nur Aminah
Seorang pejalan kaki (ilustrasi)
Foto: Antara
Seorang pejalan kaki (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Apa yang Anda lihat dan pikirkan ketika seseorang sedang berjalan di depan Anda? Selain gayanya, tentu kecepatan jalan seseorang terkadang menjadi perhatian Anda. Tapi tahukah Anda terdapat makna tertentu di balik cara seseorang berjalan?

Dikutip laman Boldsky, Rabu (30/11), sebuah penelitian menemukan adanya masalah dengan teknik berjalan individu, kecepatan dan keseimbangannya. Studi ini menyebutkan, individu yang memiliki masalah tersebut berisiko mengalami penurunan daya ingat dan kapasitas pengetahuan.

Berjalan merupakan bagian dari kompleksitas kognitif seseorang yang berkaitan erat dengan gaya berjalannya. Studi sebelumnya telah melaporkan, individu dengan gaya berjalan lambat diprediksi mengalami penurunan kognitif dan penyakit demensia. Hal ini berdasarkan penelitian Klinik Mayo di Minnesota, Amerika Serikat dari 3.426 partisipan yang berusia 70 sampai 89 tahun. Studi ini sudah diterbitkan dalam Jurnal Penyakit Alzheimer.

Peneliti menganalisis dengan mengukur panjang langkah individu, kecepatan berjalan, waktu yang dihabiskan, irama, sikap, hitungan per langkah dan ayunan lengan. Hasilnya menunjukkan, perubahan dalam beberapa parameter yang dianalisis tersebut berkaitan erat dengan penurunan memori dan berpikir seseorang. Bahkan, berhubungan juga dengan kemampuan bahasa dan persepsi visualnya.

 

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement