Selasa 29 Nov 2016 11:50 WIB

Jantung Pisang Efektif Atur Siklus Haid

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Andi Nur Aminah
Jantung pisang
Foto: Lifehack
Jantung pisang

REPUBLIKA.CO.ID, Bukan hanya buahnya, jantung pisangnya pun ternyata bisa dikonsumsi. Di beberapa negara dunia termasuk Indonesia, bunga pisang itu seringkali menjadi bahan makanan sehari-hari. Selain bisa dimakan, jantung pisang ternyata memiliki manfaat kesehatan baik bagi tubuh.

Seperti dilansir Life Hack, Selasa (29/11), jantung pisang memiliki kemampuan untuk mengatur siklus haid. Hal ini karena jantung pisang bisa membantu meningkatkan kadar progesteron pada wanita. Progesteron merupakan hormon wanita yang mengatur fungsi tubuh seperti mengatur siklus menstruasi, menjaga kehamilan dan mempersiapkan diri untuk pembuahan.

Selain mengatur siklus menstruasi, kadar progesteron yang tinggi juga mampu merangsang kelenjar penghasil susu pada wanita selama kehamilan. Oleh karena itu, sangat baik untuk meningkatkan pasokan susu untuk anak Anda.

Sebuah penelitian lain juga menunjukkan bahwa ketika pasien diabetes mengonsumsi jantung pisang, kadar gula darah mereka akan ikut turun. Tak hanya itu, kadar zat besi yang tingginya juga  dapat meningkatkan hemoglobin dalam tubuh. Oleh karena itu, penderita anemia disarankan mengonsumsi makanan ini.

Di sisi lain, jantung pisang juga acap menjadi anti-depresan alami. Karena kaya akan magnesium, bunga jantung ini pun memainkan peran besar dalam meningkatkan mood seseorang. Bahkan, dapat menurunkan hipertensi (tekanan darah tinggi) yang dapat menyebabkan penyakit jantung dan atau stroke.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement