Jumat, 22 Zulhijjah 1440 / 23 Agustus 2019

Jumat, 22 Zulhijjah 1440 / 23 Agustus 2019

Peringati Hari Guru, Indonesia Bermutu Gelar Kuliah Umum Perbaikan Mutu Pendidikan

Sabtu 26 Nov 2016 21:45 WIB

Red: Irwan Kelana

Suasana kuliah umum bertajuk

Suasana kuliah umum bertajuk "Peran Pengendalian Mutu Dalam Memperbaiki Mutu Pendidikan" di Sekolah Al-Iman Citayam Bojonggede, Bogor, Sabtu (26/11/2016).

Foto: Dok Al-Iman

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR – Indonesia Bermutu dan Yayasan Perguruan Al Iman memperingati Hari Guru yang jatuh pada 25 November 2016 dengan menggelar kuliah umum. Kegiatan tersebut diadakan di Kampus Sekolah Al Iman Citayam, Bojonggede, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (26/11/2016), dan diikuti para guru SD dan SMP Al-Iman Citayam, Bina Ilmu Parung dan sekolah-sekolah lain di Kecamatan Bojonggede.

Pembina Indonesia Bermutu (IB) dan guru besar Universitas Negeri Jakarta (UNJ) Profesor Burhanuddin Tola PhD   memberikan kuliah umum bertajuk “Peran Pengendalian Mutu Dalam Memperbaiki Mutu Pendidikan”.

Burhanuddin menegaskan, pencapaian mutu program pendidikan  hanya bisa diperoleh dengan pendekatan PDCA (Plan, Do, Check, Act) mulai mutu level rendah  sampai dengan mutu level tinggi yang dilakukan secara berkelanjutan.

Menurut Burhanuddin, sekolah harus aktif dan dinamis. Kalau pencapaian murid-murid di bawah standar yang sudah ditargetkan, jangan standarnya lalu diturunkan. “Yang harus dilakukan adalah pertahankan standarnya, namun perbaiki (dinamis) pemberian pelajaran atau pembelarannya. Sekolah harus  selalu ada perbaikan (improvement),” papar Burhanuddin Tola.

Pada kesempatan tersebut mantan ketua IB yang baru saja dilantik sebagai Kepala Puskurbuk Depdikbud Dr Awaluddin Tjalla mengemukakan, dalam rangka Hari Guru Nasional perlu strategi guru dalam meningkatkan mutu pendidikan nasional. “Hal itu sangat penting, karena sejatinya  bahwa guru itu adalah kurikulum yang sebenarnya,” kata Awaluddin Tjalla.

Awaluddin sangat mengapresiasi lembaga pendidikan, termasuk pemerintah, yang terus-menerus berupaya meningkatkan kompetensi dan kualitas para guru. “Kata kunci untuk meningkatkan mutu sebuah lembaga pendidikan adalah dengan meningkatkan kualitas para gurunya,” ujar Awaluddin Tjalla.

Ketua Umum Yayasan Perguruan Al Iman Evi  Afrizal Sinaro mengucapkan terima kasih kepada Indonesia Bermutu (IB) yang telah berkenan bekerja sama dengan Yayasan Perguruan Al-Iman dalam melakukan upaya-upaya peningkatan mutu guru, khususnya di wilayah Kabupaten Bogor. “Kami juga sangat berterima kasih dan berbahagia, IB telah menunjuk Sekolah Al-Iman sebagai laboratorium peningkatan mutu guru, seperhati halnya Labschool dijadikan laboratorium oleh UNJ,” papar Afrizal Sinaro.

Acara tersebut dihadiri ketua umum IB yang baru, Hari Setiadi PhD, perwakilan Kanwil Depag Kabupaten Bogor Miftahul Huda, serta pengurus IB Bogor Raya. Pada kesempatan tersebut pengurus pusat IB mengukuhkan pengurus IB Bogor Raya.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA