Tuesday, 10 Syawwal 1441 / 02 June 2020

Tuesday, 10 Syawwal 1441 / 02 June 2020

Tisu Basah Bisa Gantikan Hand Sanitizer

Kamis 24 Nov 2016 18:28 WIB

Rep: Dwina Agustin/ Red: Yudha Manggala P Putra

ilustrasi wanita dan tisu basah

ilustrasi wanita dan tisu basah

Foto: Republika/Yogi Ardhi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tisu basah juga bisa digunakan untuk membersihkan tangan dari kuman layaknya hand sanitizer. Itu dengan catatan, tisu basah yang digunakan, memiliki kandungan antiseptik di dalamnya.

Dokter umum Rumah Sakit Pondok Indah, Pondok Indah, Felix Samuel mengatakan jika tisu basah tidak masalah jika digunakan untuk membunuh kuman. Kegunaannya hampir sama dengan hand sanitizer (handrub) yang ampuh membunuh kuman tanpa air.

"Ya bisa, tapi yang penting ada kandungan antiseptiknya bukan cuma wangi saja yang ditonjolkan," kata Felix.

Kebanyakan tisu basah memang mengandung wewangian yang menyenangkan ketika digunakan. Namun, nyatanya wangi itu tidak berpengaruh untuk membersihkan kuman.

Justru tisu basah yang bisa digunakan memiliki antiseptik laiknya hand sanitizer. Bukan mengedepankan wangi yang kadang malah membuat alergi bagi penggunanya. "Kalau wangi sih bagi saya nomor sekian, nomor 10 kali ya, karena tidak terlalu penting," ujar Felix.

Tapi, tetap saja ketika tangan kotor, dibutuhkan air mengalir dan sabun untuk membersihkan. Walau pun tisu basah bisa menjadi media untuk menghilangkan bentuk fisik dari kotor, air mengalir tetap yang terbaik untuk menghilangkan kuman dari tangan.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA