Rabu 23 Nov 2016 12:00 WIB

Tingkatkan Kemampuan Relawan, Rumah Zakat Gandeng TNI Gelar Diksar

Rumah Zakat membantu korban banjir Garut.
Foto: RZ
Rumah Zakat membantu korban banjir Garut.

REPUBLIKA.CO.ID, PEKANBARU -- Dalam rangka membangun kesiagaan menghadapi bencana alam, Relawan RZ (Rumah Zakat) mengadakan Diksar (Pendidikan Dasar) Siaga Bencana. Dalam kegiatan ini Relawan RZ mengundang TNI AD Pekanbaru.

Kegiatan dilaksanakan di Lapangan Tembak Batalyon Bima Sakti 132, Selo, Pekanbaru dari Kamis (17/11) hingga Ahad (20/11).

“Diksar ini sangat diperlukan supaya ketika turun ke lapangan nantinya, para relawan sudah memiliki ilmu dan keahlian. Sehingga tidak canggung lagi ketika dihadapkan dengan berbagai kondisi di lokasi bencana,” ujar Fajri Sabti, Relawan RZ Pekanbaru, dalam keterangan tertulis.

Materi yang disampaikan berupa water rescue, navigasi darat, kompas, azymut, radio komunikasi, jungle knowledge, PPGD (Pertolongan Pertama Gawat Darurat), manajemen posko, dan beberapa materi lainnya. Beberapa materi disampaikan langsung oleh anggota TNI AD dan relawan senior RZ.

“Kegiatan ini harus terus dilakukan dan ditingkatkan kualitasnya. Sebab, seorang relawan harus mempunyai tekad dan fisik yang kuat. Karena mereka yang akan menjadi garda terdepan untuk menjadi seorang penolong bagi masyarakat jika terjadi bencana,” kata Hakim, anggota TNI AD Pekanbaru.

Sebelum melakukan Diksar, calon relawan melaksanakan Kampus Relawan dan kegiatan Pradiksar untuk pembekalan materi tahap pertama.

Selain di Pekanbaru, pada bulan November ini RZ juga telah melaksanakan Diksar dan Pradiksar untuk relawan di wilayah Semarang, Pontianak, dan Makassar.  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement