Selasa 22 Nov 2016 15:11 WIB

Tangani Bayi Tersedak dengan Metode 'Back Blows'

Kegiatan pelatihan Advanced Cardiac Life Support (ACLS) di Semarang.
Foto: Dokumen
Kegiatan pelatihan Advanced Cardiac Life Support (ACLS) di Semarang.

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG --  Sumbatan pada jalan nafas merupakan gangguan yang berpotensi menimbulkan kematian bila tidak mendapatkan penatalaksanaan yang baik. Kasus ini bisa terjadi pada siapa saja, termasuk bayi dan anak, meski dalam pengawasan ketika bermain atau makan

Sumbatan tersebut bisa disebabkan karena faktor intrinsik (lidah) ataupun ekstrinsik (benda asing). Umumnya, bayi atau anak tersedak karena benda asing seperti kancing, mainan, atau makanan padat. 

"Anak yang tersedak atau yang mengalami gangguan jalan nafas biasanya bereaksi dengan menangis sambil diikuti batuk refleks untuk mengeluarkan benda asing tersebut,"  kata dr Agus Harsoyo, dari Perhimpunan Kardiologi Indonesia (Perki) saat pelatihan Advanced Cardiac Life Support (ACLS) di Semarang, Jawa Tengah.

Pelatihan ini bekerja sama dengan RSI Sultan Agung dan diikuti dokter serta perawat se-Jawa Tengah. Untuk menolong bayi atau anak yang tersedak, lanjut dr Agus, perlu penanganan khusus sehingga tidak menimbulkan cedera.

"Tindakan yang tepat untuk pertolongan pada bayi atau anak tersedak bisa menggunakan metode ‘back blows’," ujarnya, dalam siaran persnya, Selasa (22/11).

Ia mengatakan, back blows bisa dilakukan memosisikan penderita (bayi atau anak) dan kepala mengarah ke bawah supaya secara gravitasi membantu pengeluaran bayi. Posisi si penolong harus berlutut atau duduk dengan menopang bayi di pangkuannya supaya lebih aman. 

"Jika penderita masih bayi, topang kepala dengan ibu jari di satu sisi rahang dan rahang lain menggunakan satu atau dua jari tangan. Jangan sampai menekan jaringan lunak bawah rahang," ujarnya.

Berikutnya, lakukan lima hentakan back blows secara kuat dengan menggunakan telapak tangan di tengah punggung. "Tujuan tindakan tersebut untuk mengupayakan sumbatan benda asing terlepas setelah satu hentakan," jelas dia. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement