Saturday, 11 Syawwal 1445 / 20 April 2024

Saturday, 11 Syawwal 1445 / 20 April 2024

MPR Dukung Upaya Merawat Bahasa Daerah

Ahad 20 Nov 2016 02:20 WIB

Red: Didi Purwadi

Ma'ruf Cahyono

Ma'ruf Cahyono

Foto: ist

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sekretaris Jenderal MPR RI, Ma'ruf Cahyono, mengapresiasi acara diskusi 'Bicara Buku Bersama Wakil Rakyat' dengan mengambil tema 'Merawat Bahasa Daerah'. Diskusi yang digelar di ruang presentasi Perpustakaan Setjen MPR RI pada Kamis (17/11) terbilang penting karena rasa kepedulian dan kekhawatiran sebagai anak bangsa ketika melihat fakta sekitar 15 bahasa daerah Indonesia sudah punah dan sekitar seratus lainnya berpotensi terancam punah.

Ma'ruf mengaku sangat mengapresiasi kegiatan tersebut.  Ia yakin kegiatan tersebut bisa memberi kontribusi besar pada upaya menjalin kualitas Negara Kesatuan Republik Indonesia sekaligus melestarikan kebudayaan dan menjaga kebhinnekaan.

"Kegiatan ini tidak jauh dari upaya yang dilakukan MPR yakni Sosialisasi Empat Pilar MPR dengan berbagai metode penyampaian," katanya di Jakarta, Sabtu (19/11). Acara diskusi tersebut dihadiri Khrisna Mukti, anggota MPR fraksi PKB; Kepala Perustakaan MPR, Roosiah Yuniarsih; dan sekitar 60 penulis, penyair, serta budayawan.

Dalam acara itu, Khrisna berpartisipasi membacakan puisi berbahasa Jawa karya Na Dhien yang merupakan puisi favorit di Ubud Writers and Readers Festival 2016. ''Jujur saya akui, saya terbiasa berbahasa Betawi ketimbang bahasa Jawa, sampe dingin tangan saya ini," katanya disambut tawa peserta.

Sementara, Roosiah mengaku merasa bahagia acara diskusi ini dihadiri oleh puluhan penulis, penyair dan budayawan. Bahkan, ada yang sengaja datang jauh dari Aceh.

Selain diramaikan dengan pembacaan puisi dalam berbagai bahasa daerah, acara diisi dengan membahas novel trilogi Si Tumoingkarangan Saut Poltak Tambunan dalam bahasa Batak yang dimoderatori Kurnia Effendi. Sebelumnya penulis menyerahkan satu set novel tersebut kepada Krisna Mukti.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 
 
Terpopuler