Wednesday, 23 Rabiul Awwal 1441 / 20 November 2019

Wednesday, 23 Rabiul Awwal 1441 / 20 November 2019

ITS Dukung Percepatan Sertifikat Tanah di Indonesia

Kamis 17 Nov 2016 14:39 WIB

Red: Hazliansyah

Rektor ITS, Prof Ir Joni Hermana MScEs PhD membuka seminar

Foto:

ITS Dukung Percepatan Sertifikat Tanah di Indonesia

Seminar yang membahas tentang perlunya dibuat peta dasar untuk pengurusan serifikat tanah melalui fit for purpose ini membahas enam dari 17 tujuan yang tertuang dalam SDG’s. Di antaranya menekan tingkat kemiskinan, kelaparan, kesetaraan gender, kota berkelanjutan,  dan hak atas keberlangungan hidup.

Menurut Joni, catatan sejarah membuktikan di Indonesia banyak pembangunan mangkrak akibat permasalahan administrasi lahan, pembebasan lahan dan pemetaan tanah. “Untuk menyelesaikan masalah tersebut, perlu adanya terobosam baru untuk administrasi tanah dengan baik,” tuturnya.

Joni berharap dengan adanya seminar Fit for Purpose (FFP) ini mampu menjadi terobosan baru untuk menghasilkan sertifikasi tanah yang cepat dan murah.

“Khususnya untuk Jawa Timur. Harapannya Jatim bisa menjadi pelopor penerapan FFP," kata dia dalam keterangan tertulis.

Adapun peserta yang hadir dalam seminar tersebut didominasi oleh para kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) kota/kabupaten se-Indonesia. Selain itu juga ada beberapa perwakilan Bappeda, Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang serta Badan Investasi dan Penanaman Modal Provinsi Jawa Timur.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA